Teknik Persuasi dan Bahasa Iklan Gojek di Youtube / Fathiyatul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Teknik Persuasi dan Bahasa Iklan Gojek di Youtube / Fathiyatul Ummah

Ummah, Fathiyatul (2018) Teknik Persuasi dan Bahasa Iklan Gojek di Youtube / Fathiyatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ummah Fathiyatul. 2018. Teknik Persuasi dan Bahasa Iklan Gojek di Youtube. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Suparno. Kata kunci iklan teknik persuasi dan bahasa iklan Iklan merupakan tuturan yang berisi ajakan kepada pendengar. Setiap iklan menggunakan teknik-tenik persuasi tertentu untuk menunjang tercapainya tujuan pengiklan dalam menyampaikan pesan. Teknik-teknik persuasi tersebut disampaikan melalui bahasa iklan. Gaya bahasa dan bentuk kalimat berdasarkan isinya merupakan salah satu bentuk bahasa iklan yang ikut mendukung tercapainya tujuan dan maksud sebuah iklan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan teknik persuasi dan bahasa iklan dalam iklan Gojek di Youtube. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data penelitian ini adalah daftar panduan perekaman wacana unduhan sumber data panduan transkripsi wacana unduhan sumber data panduan pengumpulan data dan panduan analisis data. Data yang diperoleh berupa data verbal yaitu penggalan-penggalan teks wacana unduhan iklan Gojek di Youtube yang menampakan teknik persuasi dan bahasa iklan. Sumber data penelitian ini terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder yakni sumber data primer berupa wacana unduhan iklan Gojek di Youtube sedangkan sumber data sekunder berupa teks transkripsi wacana unduhan sumber data iklan Gojek di Youtube. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wacana unduhan sumber data sumber data menggunakan aplikasi SaveFrom.Net. Selain itu analisis data pada penelitian ini dilakukan sesuai panduan analisis data yaitu peneliti membaca kembali teks transkripsi wacana unduhan sumber data yang menampakan teknik persuasi dan bahasa iklan. Kemudian peneliti mengidentifikasi mengklasifikasi dan mengkodifikasi teknik persuasi dan bahasa ikln sesuai dengan kategorisasi bentuk teknik persuasi dan bahasa iklan sesuai fokus penelitian. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan teknik persuasi dan bahasa iklan. Pertama teknik persuasi yang ditemukan adalah teknik ketidaksesuasian perilaku teknik pengunggulan layanan jasa teknik stimulas dengan hadiah teknik pendekatan empati teknik pengalihan pesan teknik pemanfaatan popularitas teknik pencitraan positif dan teknik kolaborasi. Kedua bahasa iklan pada penelitian ini terdiri atas dua bagian. Jika dilihat dari gaya bahasa iklan Gojek ini menggunakan gaya bahasa erotesis gaya bahasa aliterasi gaya bahasa hiperbola gaya bahasa polisidenton gaya bahasa klimaks gaya bahasa antiklimaks dan gaya bahasa percakapan. Jika dilihat dari bentuk kalimat berdasarkan isinya terdapat kalimat deklaratif dan kalimat imperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9957

Actions (login required)

View Item View Item