Pengaruh respon latihan senam zumba terhadap heart rate pada member sanggar senam zumba profit gym Kota Malang / Muhammad Shobirin

Shobirin, Muhammad (2020) Pengaruh respon latihan senam zumba terhadap heart rate pada member sanggar senam zumba profit gym Kota Malang / Muhammad Shobirin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shobirin, Muhammad. 2019. Pengaruh Respon Latihan Senam Zumba Terhadap Heart Rate Pada Member Senam Zumba Profit Gym Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Olivia Andiana, S.Or., M.kes., (II) Dr. Saichudin, M.Kes. Kata Kunci: senam zumba, heart rate Senam Zumba adalah program kebugaran tari terbesar dan paling sukses di dunia. Gerakan senam zumba terdiri dari berbagai variasi tarian bergaya latin yang menggabungkan unsur tarian lain seperti; meringue, pop, reggaeton, cumbia, mambo, salsa, flamenco, rumba, dan calypso. Kombinasi latihan squat dan lunges juga banyak diterapkan dalam senam ini. Aktifitas olahraga seperti senam dikatakan dapat mempengaruhi Heart Rate, yang mana Heart rate atau detak jantung merupakan salah satu parameter penting yang digunakan oleh paramedis untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik maupun kondisi mental seseorang. Senam Zumba sedang popular diberbagai kota salah satunya dilaksanakan di Profit Gym Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan pengaruh sebelum dan sesudah latihan senam Zumba terhadap heart rate pada member senam Zumba Profit Gym Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen dengan metode one group pretest-posttest- design dengan pemilihan kelompok yang acak. Variabel bebas yang dimanupulasikan dalam penelitian ini adalah latihan senam Zumba sedangkan variabel terikat adalah heart rate. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sample T-test dengan taraf signfikan 2 tailed < 0.05. Berdasarkan rata-rata heart rate pretest memperoleh skor 84,13, hasil rata-rata heart rate posttest memperoleh skor 110,87 dan uji paired sample T-test memperoleh 0.000. Berdasarkan data perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah latihan senam Zumba terhadap heart rate. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil tes pretest heart rate dengan hasil posttest heart rate yang artinya ada pengaruh sebelum latihan dan sesudah latihan senam Zumba terhadap heart rate member senam Zumba Profit Gym Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99496

Actions (login required)

View Item View Item