Kerusakan alveoli akibat high intensity training dan pemberian ekstrak kulit pisang raja (Musa paradisiaca Sapientum) pada tikus wistar (Rattus norvegicus) / Bimo Rudy Suseno

Suseno, Bimo Rudy (2020) Kerusakan alveoli akibat high intensity training dan pemberian ekstrak kulit pisang raja (Musa paradisiaca Sapientum) pada tikus wistar (Rattus norvegicus) / Bimo Rudy Suseno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suseno, B. R. 2019. Kerusakan Alveoli Akibat High Intensity Training dan Pemberian Ekstrak Kulit Pisang Raja (Musa Paradisiaca Sapientum) pada Tikus Wistar (Rattus Norvegicus), Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Saichudin, M.Kes, (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes Kata Kunci : olahraga (high intensity training), radikal bebas, alveoli, antioksidan Ketika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, kebutuhan suplai oksigen oleh tubuh akan meningkat. Masuknya oksigen oleh tubuh melalui sistem pernafasan hingga masuk ke dalam alveoli sebagai tempat pertukaran O2 dan CO2 hal ini menyebabkan terbentuknya radikal bebas. Karena latihan olahraga intensitas tinggi (high intensity training) tubuh memerlukan energi yang sangat banyak. Dalam pembentukan ATP tubuh memerlukan oksigen yang lebih banyak sebagai proses metabolismenya, melalui peningkatan konsumsi oksigen tersebut akan menyebabkan stres oksidatif dan menyebabkan kerusakan alveoli. Antioksidan bekerja secara sinergis untuk menstabilkan radikal bebas yang diakibatkan stres oksidatif. Tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk mengtahui pengaruh pemberian ekstrak kulit pisang raja (Musa paradisisca sapientum) terhadap kerusakan alveoli pada tikus (Rattus norvegicus) akibat high intensity training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental dengan pendekatan posttest only control group design, Menggunakan 10 sampel tikus wistar jantan dengan umur antara 2-3 bulan, dan berat badan 100-150 gram kemudian dibagi 5 kelompok kontrol, 5 kelompok perlakuan. Penelitian dilakukan selama 8 minggu dengan frekuensi 7 kali dalam seminggu. Untuk kelompok perlakuan diberikan dosis ekstrak 400 mg/kgBB hewan coba x 0,2. Analisis data menggunakan Statistik Packet for Social Science (SPSS). Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kelompok kontrol tanpa pemberian ekstrak menunjukkan nilai rata-rata kerusakan alveoli 69,000 sedangkan untuk pada kelompok perlakuan dengan pemberian ekstrak sebesar 48,960. Berdasarkan dari Uji Independen T Tes dengan taraf signifikansi p > 0,01 hal tersebut menunjukan ada perbedaan pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kesimpulan pada penelitian terdapat perbedaan kerusakan alveoli dengan kondisi kelompok kontrol tanpa pemberian ekstrak lebih tinggi mengalami kerusakan dari pada kelompok perlakuan dengan pemberian ekstrak kulit pisang raja. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas antioksidan ekstrak Kulit Pisang Raja dapat menurunkan derajat kerusakan pada alveoli akibat high intensity training.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99489

Actions (login required)

View Item View Item