Survei tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2Maks) dan kecepatan pada wasit futsal PSSI Kota Pasuruan / M. Uswan Novandy

Novandy, M. Uswan (2019) Survei tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2Maks) dan kecepatan pada wasit futsal PSSI Kota Pasuruan / M. Uswan Novandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novandy, Muhammad Uswan. 2016. Survei Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks) dan Kecepatan pada Wasit Futsal PSSI Kota Pasuruan. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Supriyadi, M.Kes, (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S. Kata Kunci: Volume Oksigen Maksimal (VO2 Maks), Kecepatan, Kebugaran, Survei, Wasit Futsal. Kapasitas oksigen maksimal (VO2 Maks) adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan energi selama aktivitas fisik sampai terjadi kelelahan. Kecepatan adalah kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Kedua hal tersebut merupakan komponen kebugaran fisik. Pada saat memimpin pertandingan, seorang wasit bukan hanya dituntut mempunyai pengetahuan tentang peraturan pertandingan ataupun sinyal-sinyal perwasitan yang bagus. Melainkan juga harus mempunyai kebugaran fisik yang baik. Karena dengan kebugaran fisik yang baik akan menunjang keberhasilan atau kelancaran pada saat memimpin sebuah pertandingan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat VO2 maks dan kecepatan yang dimiliki anggota wasit futsal PSSI Kota Pasuruan. Selain itu, tinggi rendahnya tingkat VO2 maks dan kecepatan yang dimiliki apakah terkait dengan variabel frekuensi latihan, usia, indeks massa tubuh (IMT), riwayat penyakit dan cacat fisik, jenis pekerjaan lain selain wasit futsal, dan gaya hidup anggota wasit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Pengambilan data VO2 maks menggunakan multistage fitness test dan kuesioner. Pengambilan data kecepatan menggunakan tes lari 30 meter dan kuesioner. Jumlah sampel yakni 15 orang anggota wasit futsal PSSI Kota Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan, dari 15 anggota wasit, terdapat 5 (33%) anggota memiliki kategori tingkat VO2 maks sangat baik, 4 (27%) anggota kategori tingkat VO2 maks baik, dan 6 (40%) anggota kategori tingkat VO2 maks cukup. Sedangkan pada hasil tes kecepatan, hasil penelitian menunjukkan, terdapat 1 (7%) anggota memiliki kategori tingkat kecepatan baik, 7 (46%) anggota memiliki kategori tingkat kecepatan sedang, 1 (7%) anggota memiliki kategori tingkat kecepatan kurang, dan 6 (40%) anggota memiliki kategori tingkat kecepatan sangat kurang. Sehingga rata-rata tingkat VO2 maks anggota wasit futsal PSSI Kota Pasuruan yaitu pada kategori sedang, sedangkan rata-rata tingkat kecepatan anggota wasit futsal PSSI Kota Pasuruan yaitu pada kategori cukup. Diharapkan ada penelitian lanjutan mengenai kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dan kecepatan terkait faktor-faktor lain dengan menambahkan variabel yang lebih bervariasi dan menggunakan pengembangan desain penelitian yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99488

Actions (login required)

View Item View Item