Analisis gerak pada shooting menggunakan punggung kaki dalam olahraga sepak bola (Studi kasus pada Sekolah Sepak bola Putra Arema U-15) / Petua Arrin Akka Dipiarsa

Dipiarsa, Petua Arrin Akka (2020) Analisis gerak pada shooting menggunakan punggung kaki dalam olahraga sepak bola (Studi kasus pada Sekolah Sepak bola Putra Arema U-15) / Petua Arrin Akka Dipiarsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dipiarsa, Petua Arrin Akka. 2019.Analisis Gerak Pada Shooting Menggunakan Punggung Kaki Dalam Olahraga Sepakbola (Studi Kasus Pada Sekolah Sepakbola Putra Arema U-15). Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang: (I) Dr. Mahmud Yunus, M.Kes., (II) Olivia Andiana, S.Or, M. Kes Kata Kunci: Biomekanik, Shooting,kinovea Shooting menggunakan punggung kaki adalah salah salah satu teknik dasar bermain dalam sepak bola dimana seorang pemain melakukan tembakan atau menendang bola dengan keras ke arah gawang lawan untuk mencetak sebuah gol. Untuk melakukan teknik shooting ini sebenarnya seperti saat kita passing akan tetapi pada shooting perlu kekuatan, power tenaga yang lebih besar sehingga menghasilkan laju bola yang cepat.. Sesuai dengan masalah yang di uraikan maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian Deskriptif Analisis. Yaitu menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan (Musfiqon, 2012:70). Analisis atau pengolahan data merupakan salah satu langkah penting dalam kegiatan penelitian ini, terutama bila kita ingin menemukan kesimpulan tentang masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini teknik analisis datanya menggunakan software kinovea, serta penelitian ini menggunakan satu sampel dan di dasari oleh metode biomekanika dengan demikian biomekanika menyimpulkan bahwa dengan sudut kemiringan shooting tidak lebih dari 100,50 . Maka dapat dikatakan bahwa shooting menggunakan punggung kaki atlet sekolah sepakbola putra arema u-15 menggunakan satu sampel dan di dasari oleh metode biomekanika yang paling cepat adalah pada tendangan yang keempat dengan kecepatan sebesar 51,27m/s, sedangkan shooting menggunakan punggung kaki yang paling lambat adalah pada tendangan yang ketiga dengan kecepatan sebesar 43,63m/s. Adapun analisis sudut segmen tubuh atlet ssb putra arema u-15 pada saat melakukan shooting menggunakan punggung kaki pada saat tendangan keempat atau tendangan yang paling cepat adalah sudut kemiringan tubuh sebesar 630 dan sudut kemiringan tungkai sebesar 2300. Dan analisis sudut segmen tubuh atlet ssb putra arema u-15 pada saat tendangan yang ketiga atau tendangan paling lambat adalah sudut kemiringan tubuh sebesar 520 dan sudut kemiringan tungkai sebesar 2810. Gerakan shooting menggunakan punggung kaki yang meliputi besar sudut segmen tubuh dan kecepatan shooting menggunakan punggung kaki pada cabang olahraga sepak bola dengan hasil analisis gerakan anggota tubuh atau sudut-sudut segmen tubuh. dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan Dengan sudut kemiringan tendangan yang tidak lebih dari 100,50 kecepatan tendangan yang dihasilkan akan semakin cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99484

Actions (login required)

View Item View Item