Penatalaksanaan terapi masase pasca cedera sprain di Klinik Fisioterapi Physioset Kota Malang / Hendra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penatalaksanaan terapi masase pasca cedera sprain di Klinik Fisioterapi Physioset Kota Malang / Hendra Pratama

Pratama, Hendra (2019) Penatalaksanaan terapi masase pasca cedera sprain di Klinik Fisioterapi Physioset Kota Malang / Hendra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama Hendra. 2019. Penatalaksanaan Terapi Masase Pasca Cedera Sprain di Klinik Fisioterapi PhysioSET Kota Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra M.S. (II) dr. Rias Gesang Kinanti M. Kes. Kata Kunci terapi masase cedera sprain. Aktivitas olahraga yang ada di Indonesia secara berkesinambungan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Semua cabang olahraga telah tersebar dan terkenal sampai ke berbagai pelosok tanah air. Dengan demikian perhatian yang dilakukan oleh pemerintah akan sarana prasarana penunjang dan kondisi para atlet semakin lama harus semakin membaik dan dapat sejajar dengan perkembangan prestasi olahraga baik nasional maupun internasional. Salah satu usaha yang penting dalam persiapan dan pemeliharaan kondisi fisik adalah masase. Cedera yang disebabkan oleh olahraga salah satunya adalah cedera sprain. Sprain adalah cedera pada ligamentum cedera ini yang paling sering terjadi pada berbagai cabang olahraga hal ini terjadi karena stres berlebihan yang mendadak atau penggunaan berlebihan yang berulang-ulang dari sendi lebih jelas dikarenakan kaki meregangkan pergelangan pada titik di mana akan dapat merobek atau retak tulang (ligamen persendian pergelangan kaki bagian depan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penatalaksanaan terapi masase pasca cedera sprain di Klinik Fisioterapi PhysioSET. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik triangulasi dilakukan untuk memastikan kembali praktik yang dilakukan oleh fisioterapis sama dengan teori dasar terapi masase di Klinik Fisioterapi PhysioSET. Subjek penelitian yang diambil adalah tentang PenatalaksanaanTerapi Masase Pasca Cedera Sprain di Klinik Fisioterapi PhysioSET Kota Malang. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode survei. Jenis data yang digunakan sesuai dengan peran peneliti sebagai pengamat partisipan yaitu data wawancara dan data observasi. Hasil penelitian di Klinik Fisioterapi PhysioSET adalah penatalaksanaan terapi masase pasca cedera sprain di Klinik Fisioterapi PhysioSET sama dengan penatalaksanaan terapi masase di klinik lainnya. Untuk menangani pasien yang mengalami nyeri dan bengkak Klinik Fisioterapi PhysioSET menggunakan teknik myofascial release. Klinik Fisioterapi PhysioSET juga menggunakan alat sebagai penanganannya terhadap pasien cedera sprain di antaranya alat dan bahan baby oil cupping dan tongkat. Penatalaksanaan terapi masase pasca cedera sprain di Klinik Fisioterapi PhysioSET merupakan penatalaksanaan yang benar yaitu melakukan tindakan terapi masase pada rehabilitasi cedera sprain yang diberikan pada proksimal sendi yang mengalami cedera tetapi bukan pada lokasi cedera yaitu bagian tubuh pada otot pendukung ankle yaitu tibialis anterior tulang kering dan otot calf yaitu otot gastrocnemius.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99478

Actions (login required)

View Item View Item