Latihan meremas bola tenis spons untuk meningkatkan kemampuan otot tangan (studi kasus anak tunadaksa cerebral palsy tipe spastic) / Nengteng Manik

Manik, Nengteng (2020) Latihan meremas bola tenis spons untuk meningkatkan kemampuan otot tangan (studi kasus anak tunadaksa cerebral palsy tipe spastic) / Nengteng Manik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Manik, Nengteng. 2019. Latihan Meremas Bola Tenis Spons Untuk Meningkatkan Kemampuan Otot Tangan (Studi Kasus Anak Tunadaksa Cerebral Palsy Tipe Spastic). Di YPAC Kota Malang tahun 2019. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Slamet Raharjo, S.Pd. M.Or., Pembimbing (II) Olivia Andiana, S.Or. M.Kes. Kata Kunci: tunadaksa cerebral palsy tipe spastic, meremas bola tenis spons, kemampuan otot tangan. Cerebral Palsy Tipe Spastic ditandai dengan terjadinya kekakuan pada sistem otot karena terjadi peningkatan pada tonus otot, sehingga mengakibatkan otot terus berkontraksi sehingga menimbulkan kekakuan pada anggota tubuh. Penyandang CP Tipe Spastic mengalami gangguan pada gerakan sindrom extra piramidal karena perubahan pada ganglia basal dari otak yang disebut leukoaraiosis (hypoxic-ischemic insult) yang menyebabkan lesi pada periventrikular pada basal ganglia sehingga mengakibatkan anak cerebral palsy tipe spastic mengalami kekakuan. Penyandang cerebral palsy tipe spastic dibatasi untuk melakukan aktivitas fisik dan olahraga sehingga kemampuan massa otot tangan menjadi menurun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan olahraga dengan menggunakan model latihan meremas bola tenis spons. Penelilian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan meremas bola tenis spons untuk meningkatkan kemampuan otot tangan pada anak cerebral palsy tipe spastic. Penelitian ini menggunakan jumlah subjek tunggal. Desain penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan rancangan penelitian menggunakan single subject research (SSR), dengan model desain A-B dan menggunakan alat ukur hand grip dynamometer. Subjek penelitian ini ialah anak cerebral palsy tipe spastic di YPAC Kota Malang. Analisis yang digunakan ialah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap latihan meremas bola tenis spons terhadap peningkatan kemampuan otot tangan. Skor pada kondisi baseline pada tangan kanan dan kiri persentase = 0%. Sedangkan pada kondisi intervensi setelah mendapatkan perlakuan sebanyak 16 kali pertemuan mengalami peningkatan pada tangan kanan persentase sebesar dan tangan kiri sebesar dan persentase overlap 0%. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan otot tangan pada anak cerebral palsy tipe spastic setelah mendapatkan perlakuan. Peneliti menyarankan kepada anak yang memliki kemampuan otot tangan yang lemah agar melalukan metode latihan meremas bola tenis spons.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99469

Actions (login required)

View Item View Item