Hubungan tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus pada penderita terhadap pengaturan pola makan dan physical activity di Klinik Griya Bromo Malang / Ridwan Chandra Widiyoga

Widiyoga, Ridwan Chandra (2020) Hubungan tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus pada penderita terhadap pengaturan pola makan dan physical activity di Klinik Griya Bromo Malang / Ridwan Chandra Widiyoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widiyoga, Ridwan Chandra. 2019. Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Diabetes Melitus pada Penderita terhadap Pengaturan Pola Makan dan Physical Activity di Klinik Griya Bromo Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes., (II) Olivia Andiana, S.Or., M.Kes. Kata Kunci : diabetes melitus, pengetahuan, pola makan, physical activity. Prevalensi diabetes melitus di Indonesia sebesar 2,0%, sedangkan di Jawa Timur lebih sebesar 2,6% dan di Kota Malang terdapat 4.854. Penyakit diabetes melitus tipe 2 termasuk penyakit degeneratif yang terjadi akibat terjadinya resistensi insulin. Pengetahuan adalah domain yang penting dalam membentuk perilaku dan tindakan seseorang sehingga pengetahuan menjadi saran dalam penanganan diabetes melitus. Salah satu upaya dalam pencegahan penyakit diabetes melitus tipe 2 dengan gaya hidup yang sehat melalui pengaturan pola makan dan physical activity yang teratur dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus pada penderita terhadap pengaturan pola makan dan physical activity di Klinik Griya Bromo Malang. Penelitian dilakukan terhadap 34 responden di Klinik Griya Bromo Malang dengan rincian 23 responden perempuan dan 11 responden laki-laki. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian korelasi dengan metode cross sectional. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berbentuk kuesioner pengetahuan terhadap pengaturan pola makan dan physical activity. Data hasil penelitian kemudian dikoding dan diinterpretasikan ke dalam kategori kurang, cukup, baik untuk variabel pengetahuan, kategori rendah, kurang, cukup, tinggi untuk variabel sikap, dan kategori low, moderat, high untuk variabel physical activity. Analisis data menggunakan uji Kendal-tau B. Dari hasil uji Kendal-tau B yang telah dilakukan didapatkan nilai Sig. = 0,001 pada hubungan tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus terhadap pengaturan pola makan dan pengaturan physical activity. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus pada penderita terhadap pengaturan pola makan dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05. Begitu pula untuk variabel hubungan antara tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus pada penderita terhadap pengaturan physical activity dengan nilai sig. 0,006 ≤ 0,05. Kesimpulannya terdapat hubungan tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus pada penderita terhadap pengaturan pola makan dan physical activity di Klinik Griya Bromo. Maka dari itu peneliti memberikan saran kepada seluruh pihak yang terkait untuk memberikan sosialisasi tentang penyakit diabetes melitus sebagai usaha kesehatan dalam pencegahan dan perawatan penyakit diabetes melitus tipe 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99468

Actions (login required)

View Item View Item