Pengaruh latihan plyometric drop jump dan side to side box shuffle terhadap peningkatan power otot tungkai pada atlet di UKM badminton Universitas Negeri Malang / Yayang Satria Al Hafidz

Al-Hafidz, Yayang Satria (2020) Pengaruh latihan plyometric drop jump dan side to side box shuffle terhadap peningkatan power otot tungkai pada atlet di UKM badminton Universitas Negeri Malang / Yayang Satria Al Hafidz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Al Hafidz, Yayang Satria. 2019. Pengaruh Latihan Pliometrik Drop Jump dan Side to Side Box Shuffle terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai pada Atlet di UKM Badminton Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S., (II) Dr. Supriyadi, M.Kes. Kata Kunci: latihan drop jump dan side to side box shuffle, power otot tungkai. Bulutangkis adalah olahraga yang dimainkan oleh satu atau dua orang yang saling berhadapan yang bertujuan untuk mencetak poin dengan menyebrangkan shuttlecock ke area lapangan permainan lawan. Bulutangkis memerlukan banyak gerakan berlari, loncat, koordinasi tangan dan kaki yang baik dan membutuhkan keterampilan untuk mengubah arah secara cepat karena olahraga ini termasuk ke dalam kategori olahraga yang menggunakan sistem energi anaerobik. Dalam hal ini power otot tungkai merupakan unsur terpenting untuk menunjang berbagai keterampilan tersebut Latihan pliometrik merupakan bentuk latihan yang bertujuan agar otot mampu mencapai kekuatan maksimal dalam waktu yang sesingkat mungkin. Pliometrik dianggap sebagai latihan yang dapat meningkatkan power, salah satunya adalah dengan latihan pliometrik drop jump dan side to side box shuffle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik drop jump dan side to side box shuffle terhadap power otot tungkai pada atlet di UKM Badminton Universitas Negeri Malang. Serta untuk mengetahui manakah metode yang lebih baik antara latihan pliometrik drop jump dan side to side box shuffle. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen matching pretest-posttest comparison group design. Sampel penelitian ini adalah 14 atlet UKM Badminton Universitas Negeri Malang. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen latihan drop jump berjumlah 7 atlet dan side to side box shuffle berjumlah 7 atlet. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis uji t independent sample test dan paired sample test. Data hasil analisis, pertama, latihan pliometrik drop jump berpengaruh secara signifikan terhadap power otot tungkai diperoleh signifikansi (P = 0,000 < &#945; = 0,05). Kedua, latihan pliometrik side to side box shuffle berpengaruh secara signifikan terhadap power otot tungkai diperolehsignifikansi (P = 0,035 < &#945; = 0,05). Ketiga, ada perbedaan pengaruh antara latihan drop jump dengan latihan side to side box shuffle terhadap power otot tungkai dengan signifikansi (P = 0,035 < &#945; = 0,05). Berdasarkan data hasil analisis tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan baik latihan pliometrik drop jump ataupun side to side box shuffle dapat digunakan untuk meningkatkan power otot tungkai, namun latihan yang lebih efektif adalah latihan drop jump. Diharapkan latihan ini dapat diterapkan pada lingkup yang lebih luas dan diadakannya penelitian lebih lanjut untuk menguji tingkat efektivitas program latihan yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99467

Actions (login required)

View Item View Item