Pengaruh latihan zumba gymnastics (senam zumba) terhadap kadar asam urat pada member profit gym Kota Malang / Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan zumba gymnastics (senam zumba) terhadap kadar asam urat pada member profit gym Kota Malang / Andriani

Andriani (2020) Pengaruh latihan zumba gymnastics (senam zumba) terhadap kadar asam urat pada member profit gym Kota Malang / Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN ANDRIANI 2019. Pengaruh Latihan Zumba Gymnastick (Senam Zumba) Terhadap Kadar Asam Urat Pada Member Profit Gym Kota Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Olivia Andiana S.Or M.kes (II) Dr. Saichudin M.kes Kata Kunci kadar asam urat senam zumba. Asam urat adalah produk akhir hasil dari metabolisme purin dalam tubuh proses metabolisme purin terjadi pada hati manusia (Delita dkk 2018). Banyak cara yang dilakukan dalam penurunan asam urat tetapi sebagian besar masyarakat melakukan dengan cara menimun obat-obatan bahkan adaa yang mengkonsumsi obat-obatan alternativ padahal mengkonsumsi obat-obatan bisa mengakibatkan ketergantungan namun persepsi masyarakat beranggapan dengan mengkonsumsi obat-obatan dapat menurunkan kadar asam urat. Terkait dengan olahraga olahraga merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan kebugaran jasmani (Mahastuti dkk 2018). Metode dalam penelitian ini adalah True experimental design menggunakan 15 member Profit Gym kota malang dengan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan one group pre test post test design dengan cara membandingkan sebelum diberi perlakuan dengan setelah mendapat perlakuan senam kaki. Kemudian di teliti untuk melihat nilai kadadr asam urat. Selanjutnya diberikan perlakuan berupa senam senam sebanyak 3 kali seminggu selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan nilai min kadar asam urat pretest 2 50 dan posttest 2 20. Hasil analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.0 didapatkan nilai signifikansi sebesar 0 000 (p 0 05). Nilai signifikansi yang didapatkan 945 sehingga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan senam zumba. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini ada pengaruh yang signifikan latihan senam zumba terhadap nilai kadar asam urat pada member profit gym kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99463

Actions (login required)

View Item View Item