Pengaruh latihan senam kaki terhadap penurunan kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus type 2 / Sulis Adi Tiana

Tiana, Sulis Adi (2020) Pengaruh latihan senam kaki terhadap penurunan kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus type 2 / Sulis Adi Tiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tiana, S. A. 2019. Pengaruh Latihan Senam Kaki Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Type 2. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Saichudin, M. Kes., (II) Dr. dr. H. Moch Yunus, M. Kes. Kata Kunci: diabetes mellitus type 2, senam kaki, glukosa darah Diabetes mellitus type 2 merupakan suatu penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia karena adanya gangguan sekresi maupun resistensi insulin. Senam kaki merupakan latihan senam yang dilakukan oleh penderita diabetes mellitus type 2 untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya luka serta menurunkan kadar insulin yang ada didalam darah secara tidak langsung meningkatkan tekanan darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam kaki terhadap penurunan kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus type 2. Metode penelitian ini adalah pre-experimental design menggunakan 20 pasien penderita diabetes mellitus type 2 dengan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan one group pre test post test design dengan cara membandingkan sebelum diberi perlakuan senam dan setelah mendapatkan perlakuan senam kaki. Diteliti untuk melihat angka glukosa darah yang selanjutnya diberikan senam kaki sebanyak 2 kali seminggu selama 8 minggu. Hasil mean dari penelitian ini menunjukkan angka glukosa darah pretest 211,3 dan posttest 185,3. Hasil analisis statistik menggunakan uji Wilxocon Sign Renk yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 23.0 didapatkan nilai yang signifikan sebesar 0,00 (p < 0,05). Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini ada pengaruh yang signifikan terhadap latihan senam kaki terdapat angka glukosa darah pada penderita diabetes mellitus type 2 di Klinik Griya Bromo Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99462

Actions (login required)

View Item View Item