Evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Diva Tri Hastungkara

Hastungkara, Diva Tri (2019) Evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Diva Tri Hastungkara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hastungkara, Diva Tri. 2018. Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK di SMA Kolese Santo Yusup Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd. (II) Usman Wahyudi S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: evaluasi, RPP PJOK. Dalam proses pembelajaran guru harus mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar, teknik strategi permainan olahraga, dan mengajarkan nilai-nilai sportivitas, jujur, kerja sama serta pembiasaan pola hidup sehat. Maka dari itu guru harus menyusun rencana yang matang dan yang sudah disesuaikan oleh pemerintah agar terlaksananya pembelajaran yang baik. Serta perlu adanya evaluasi agar bisa melihat sejauhmana suatu proses pembelajaran atau suatu kegiatan tertentu dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelengkapan dan kesesuaian komponen RPP yang telah dibuat oleh guru PJOK di SMAK Kolese Santo Yusup (Kosayu) Malang dengan Permenikbud No. 22 tahun 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi RPP dan lembar pengamatan yang telah disesuaikan dengan Permendikbud nomor 22 Tahun 2016. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru PJOK yang ada di SMAK Kosayu Malang yang berjumlah 4 orang yang telah mengumpulkan 13 RPP. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kemudian dikualitatifkan. Berdasarkan hasil penelitian pada kelengkapan komponen RPP guru A dan D sudah baik tapi untuk guru B dan C masih perlu diperbaiki dalam komponen materi pembelajaran. Kesesuaian komponen RPP ditemukan banyak kekurangan guru A mendapatkan 81%, guru B mendapatkan 74%, guru C mendapatkan 72%, dan guru B mendapatkan 74%. Dalam proses penyusunan RPP jika dirata-rata maka semua guru mendapatkan persentase sebesar 69%. Dari hasil keseluruhan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru PJOK di SMAK Kosayu Malang dalam menyusun RPP termasuk dalam kategori cukup. Pada kelengkapan komponen RPP termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk kesesuian RPP masih perlu diperbaiki terutama dalam KI harus sesuai dengan Permendikbud No 24 tahun 2016, IPK harus disesuaikan dengan KD, tujuan pembelajaran harus sesuai dengan KD, perumusan materi harus memuat aspek fakta, konsep prosedural, dan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran penilaian hasil pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian terhadap komponen dan kesesuaian RPP guru di SMAK Kosayu Malang diharapkan guru lebih memahami tentang penyusunan RPP dan bagi pihak sekolah hendaknya sering mengadakan pemantauan, pelatihan, dan pembinaan dalam hal penyusunan RPP berdasarkan kurikulum K13.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99448

Actions (login required)

View Item View Item