Perbedaan kadar darah sitokin pro inflamasi interleukin-1 beta (IL-1b) pada penghobi senam aerobik mix impact pagi hari dan malam hari / Zainal Abidin

Abidin, Zainal (2019) Perbedaan kadar darah sitokin pro inflamasi interleukin-1 beta (IL-1b) pada penghobi senam aerobik mix impact pagi hari dan malam hari / Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii RINGKASAN Abidin Zainal, 2018. Perbedaan Kadar Darah IL-1β Pada Penghobi Senam Aerobik Mix Impact Pagi Hari Dan Malam Hari. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes (II) Olivia Andiana, S.Or, M. Kes. Kata Kunci: Kadar darah IL-1β, senam aerobik mix impact Olahraga yang dilakukan secara tidak tepat dan tidak teratur akan mengakibatkan radikal bebas yang berlebihan didalam tubuh. Olahraga yang tidak sesuai dengan program latihan FIT dapat memicu stress oksidatif yaitu ketidakseimbangan pro oksidan dan anti oksidan. Terdapat tiga permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu Bagaimana respon kadar darah IL-1β pada penghobi senam aerobik mix impact pagi hari, Bagaimana respon kadar darah IL-1β pada penghobi senam aerobik mix impact malam hari, Serta apakah terdapat perbedaan kadar darah IL-1β pada penghobi senam aerobik mix impact pagi hari dan malam hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kadar darah IL-1β. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang bertujuan untuk mendapatkan data pada pertimbangan tetentu dengan cara memberikan angket dan memberikan perlakuan, dengan menggunakan 30 sampel yang terbagi atas dua kelompok yaitu kelompok pagi 15 penghobi dan 15 penghobi malam hari yang memiliki umur 20-25 tahun. Data dikumpulkan dari hasil tes menggunakan peralatan medis dan peralatan laboratorium serta hasil analisis kuisioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisa menggunakan program komputer Statistica Package of Special Science (SPSS) 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan kadar IL-1β pada kelompok Senam aerobik mix impact malam hari memiliki rerata 1495,916 (ng/ml) dan Senam aerobik mix impact pagi hari memiliki rerata 1218,917 (ng/ml). Berdasarkan uji beda ANOVA dengan taraf signifikan P> 0,05. Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan kadar IL-1β pada kelompok Senam aerobik mix impact pagi hari dan Senam aerobik mix impact malam hari yaitu Sig. 0,038. Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Senam aerobik mix impact yang dilakukan malam hari memiliki inflamasi dengan ditunjukkan kadar IL-1β yang lebih tinggi di banding Senam aerobik mix impact pagi hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99445

Actions (login required)

View Item View Item