Survei tingkat kebugaran jasmani pemain futsal usia 13-15 tahun di SMPK Santa Maria 1 Malang / Reza Kusuma Dharmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei tingkat kebugaran jasmani pemain futsal usia 13-15 tahun di SMPK Santa Maria 1 Malang / Reza Kusuma Dharmawan

Dharmawan, Reza Kusuma (2019) Survei tingkat kebugaran jasmani pemain futsal usia 13-15 tahun di SMPK Santa Maria 1 Malang / Reza Kusuma Dharmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Dharmawan Reza Kusuma. 2018. Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pemain Futsal Usia 13-15 Tahun di SMPK Santa Maria 1 Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. (II) Dr. Saichudin M.Kes. Kata Kunci survei kebugaran jasmani tes rockport. Atlet junior yang dipersiapkan untuk menjadi atlet senior harus dibekali dengan kemampuan secara menyeluruh yang meliputi kemampuan fisik teknik dan taktik yang baik. Kemampuan fisik merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh atlet semua cabang olahraga untuk mendukung kemampuan teknik dan taktik. Atlet dengan kemampuan fisik yang baik dapat menampilkan performa yang maksimal. Oleh karena itu penting bagi pelatih untuk memantau perkembangan kemampuan fisik atletnya dengan melakukan salah satu tes kebugaran jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani pemain futsal usia 13-15 tahun di SMPK Santa Maria 1 Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 33 anak dengan usia 13-15 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif teknik survei dan pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani subjek adalah tes Rockport 1 6 Km. Data yang diperoleh kemudian dikategorikan berdasarkan ketentuan tes Rockport dan dianalisis secara deskriptif statistik dengan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata VO2maks subjek berdasarkan kelompok usia tidak memiliki perbedaan yakni rata-rata VO2maks subjek yang berusia 13 tahun adalah 41 83 ml/kgbb/menit yang berada pada kategori Cukup rata-rata VO2maks subjek berdasarkan usia 14 tahun sedikit menurun yakni 40 37 ml/kgbb/menit termasuk kategori Cukup dan rata-rata VO2maks subjek yang berusia 15 tahun adalah 39 5 ml/kgbb/menit dengan kategori Cukup . Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan hasil bahwa mean atau rata-rata VO2maks subjek adalah 40 424 ml/kgbb/menit. Berdasarkan hasil dengan menggunakan analisis deskriptif statistik didapatkan hasil bahwa mean atau rata-rata VO2maks subjek adalah 40 424 ml/kgbb/menit. Subjek memiliki median atau nilai tengah VO2maks 40 ml/kgbb/menit dan adanya mode atau modus yang muncul dengan VO2maks 40 ml/kgbb/menit. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disarankan kepada pelatih bahwa perlu adanya program latihan seperti latihan circuit training dan latihan interval untuk meningkatkan kebugaran fisik sebagai kemampuan dasar untuk mendukung kemampuan teknik dan taktik serta menampilkan performa terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99443

Actions (login required)

View Item View Item