Kadar enzim Catalase (CAT) pada pesilat latihan malam hari di Universitas Negeri Malang / Putra Ainurrofik Imajuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kadar enzim Catalase (CAT) pada pesilat latihan malam hari di Universitas Negeri Malang / Putra Ainurrofik Imajuddin

Imajuddin, Putra Ainurrofik (2019) Kadar enzim Catalase (CAT) pada pesilat latihan malam hari di Universitas Negeri Malang / Putra Ainurrofik Imajuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Imajuddin Putra Ainurrofik. 2018. Kadar Catalase (CAT) Pada Pesilat Latihan Malam Hari di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) dr. Rias Gesang Kinanti M. Kes. (II) Dr. Sapto Adi M.Kes. Kata Kunci catalase pencak silat latihan malam hari. Latihan adalah aktivitas fisik untuk melatih tubuh seseorang yang dilakukan secara sitematis dan teratur sesuai progam latihan yang memiliki tujuan tertentu. Latihan dapat dilakukan di waktu pagi siang sore bahkan malam hari. Salah satu olahraga yang dilakukan di malam hari adalah pencak silat. Namun kenyataanya banyak pesilat belum mengetahui bahwa latihan yang dilakukan secara berlebihan mengenai intensitas frekuensi repetisi dan set yang dilaksanakan di malam hari dapat menurunkan produksi antioksidan salah satunya yaitu Catalase (CAT) dengan salah satu yang mempengaruhi dalam kadarnya yaitu gangguan sirkadian yang hanya ada pada waktu malam hari. Gangguan ritme sirkadian tersebut akan menyebabkan penurunan konsentrasi melatonin dan aktivitasnya sebagai antioksidan. Penurunan konsentrasi melatonin dan aktivitasnya sebagai antioksidan tersebut akan berdampak pada peningkatan Reactive Oxygen Species (ROS) di dalam sel yang menyebabkan terjadinya stres oksidatif yang di indikatori oleh tingginya kadar MDA pada plasma darah Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang survei kadar enzim catalase pada pesilat yang berlatih di malam hari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei dengan metode diskriptif kuantitatif yang menjelaskan keadan atau suatu fenomena dengan penjelasan angka. Subyek dalam penelitian ini adalah pesilat Pusat Pelatihan Olahraga Mahasiswa (PPLM) di Universitas Negeri Malang yang melakukan latihan malam hari dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu sampai 5 kali dalam seminggu. Dengan ketentuan tidak merokok memiliki Indeks Masa Tubuh (IMT) yang normal dan aktif melakukan latihan pada malam hari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dari hasil tes dan non tes yang menggunakan kuisioner dan menggunakan peralatan medis dan laboratorium serta hasil analisis kuisioner dari 12 sampel. Hasil dari penelitian kadar Catalase (CAT) pada pesilat latihan malam hari di PPLM Universitas Negeri Malang memiliki rata-rata sebesar 4 185 U/ml. Sedangkan pada pesilat yang berlatih malam hari dengan frekuensi 4 kali dalam satu minggu memiliki rata-rata kadar Catalase (CAT) lebih tinggi yaitu sebesar 5 358 U/ml jika dibandingkan dengan pesilat yang berlatih 3 kali dalam satu minggu yang memiliki rata-rata kadar Catalase (CAT) sebesar 5 282 U/ml. Tingkat enzim catalase terendah pada pesilat latihan malam hari di Universitas Negeri Malang yang dijadikan sampel penelitian ini terdapat pada kode sampel S3 dengan nilai CAT sebesar 0 381 (U/L) sedangkan tingkat enzim Catalase (CAT) tertinggi terdapat pada kode sampel S4 dengan tingkat enzim CAT sebesar 6 360 (U/L).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99441

Actions (login required)

View Item View Item