Persepsi terhadap senam aerobik bagi pesenam di Sanggar Gayatri Sawojajar Kota Malang / Isaminingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi terhadap senam aerobik bagi pesenam di Sanggar Gayatri Sawojajar Kota Malang / Isaminingsih

Isaminingsih (2019) Persepsi terhadap senam aerobik bagi pesenam di Sanggar Gayatri Sawojajar Kota Malang / Isaminingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii RINGKASAN Isaminingsih. 2018. Persepsi Senam Aerobik bagi Pesenam di Sanggar Senam Gayatri Sawojajar Kota Malang. Jurusan S1 Ilmu Keolahragaan Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Pembimbing (I) Dr. Mahmud Yunus M.Kes. (II) Dr. Slamet Raharjo S.Pd M.Or. Kata Kunci persepsi senam aerobik sanggar senam Senam aerobik dipilih sebagai salah satu solusi untuk menyeimbangkan status gizi seseorang. Bagi individu yang mengalami kelebihan berat badan senam aerobik dapat mengurangi berat badan karena akan membakar kalori. Sedangkan dampak negatif dari senam aerobik akan terjadi apabila latihan dilakukan secara asal-asalan atau tidak mengikuti prosedur yang dapat menimbulkan cedera otot atau tulang. Maka berawal dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui ragam persepsi yang berbeda dalam diri masyarakat sehingga tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui persepsi senam aerobik bagi Pesenam di Sanggar Senam Gayatri Sawojajar Kota Malang. Rancangan penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh pesenam yang ada di sanggar senam gayatri Kota Malang yang berjumlah 26 orang karena memiliki IMT overweight. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan angket kepada responden untuk diisi tiap pertanyaan sesuai petunjuk yang sesuai dalam angket. Variabel dalam penelitian ini bersifat univarite maka menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Sesuai hasil analisis penelitian yang telah dilakukan maka penelitian ini dapat diperoleh rincian bahwa persepsi positif sebear 85% persepsi afektif sebesar 77% dan persepsi konatif sebesar 73%. Maka dapat dilihat bahwa tertinggi adalah persepsi kognitif. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebanyak 61% responden menyatakan persepsi positif sedangkan sisanya 39% menyatakan persepsi negatif. sedangkan sisanya 39% menyatakan persepsi negatif. Sesuai kesimpulan yang sudah diperoleh adapun beberapa saran yang dimiliki peneliti untuk manfaat selanjutnya yaitu bagi pesenam sebagiknya menjalankan dan mengikuti program latihan secara berkelanjutan atau berkelanjutan supaya akan tercipta cerminan citra tubuh ideal sesuai IMT yang diperlukan. Selanjutnya bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah subjek penelitian supaya akan dapat menjadi bahan perbandingan mengenai persepsi yang beragam terkait kognitif afektif dan konatif seorang pesenam di satu sanggar dengan sanggar senam yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99438

Actions (login required)

View Item View Item