Pengaruh circuit training terhadap peningkatan VO2max bagi pemain futsal RedFox Club Kota Malang / Najarudin Nafis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh circuit training terhadap peningkatan VO2max bagi pemain futsal RedFox Club Kota Malang / Najarudin Nafis

Nafis, Najarudin (2019) Pengaruh circuit training terhadap peningkatan VO2max bagi pemain futsal RedFox Club Kota Malang / Najarudin Nafis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Nafis Najarudin. 2018. Pengaruh Circuit Training Terhadap Peningkatan VO2 max Bagi Pemain Futsal RedFox Club Kota Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. (II) Dr. Mahmud Yunus M.Kes. Kata kunci circuit training vo2 max futsal Daya tahan dapat dilatih dengan beban rendah atau kecil dengan frekuensi yang banyak dan dalam durasi waktu yang lama. Penambahan beban pada latihan akan memungkinkan meningkatnya pemakaian oksigen per menit sampai tercapai angka maksimal. Hal ini terjadi oleh perubahan fungsi seperti denyut nadi isi sekuncup jantung dan tekanan darah. Sehingga unsur penggunaan oksigen pada latihan adalah salah satu faktor yang menentukan karena keunggulan seorang pemain terletak pada kemampuan menyediakan oksigen sesuai keperluannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh circuit training terhadap peningkatan VO2 max bagi pemain futsal RedFox club Kota Malang setelah diberi perlakuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi experiment dengan menggunakan rancangan control group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 pemain futsal RedFox club Kota Malang. Cara pengambilan sampel adalah menggunakan matching sampling maka sampel adalah keseluruan dari populasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan hasil sebagai berikut (1) circuit training memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan VO2 max pada pemain futsal RedFox club Kota Malang (thitung sebesar 5 579 ttabel 2 178) (2) hasil posttest peningkatan VO2 max setelah diberi perlakuan circuit training (mean 40 34) memberikan hasil yang lebih baik pada peningkatan VO2 max bagi pemain futsal RedFox club Kota Malang daripada hasil pretest dari VO2 max sebelum diberi perlakuan circuit training (mean 38 06). Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan circuit training memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan VO2 max bagi pemain futsal RedFox club Kota Malang. Kemudian dari hasil penelitian ini penulis kepada pelatih futsal RedFox Club Kota Malang hendaknya memilih latihan-latihan serta program latihan yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan para pemainnya salah satunya adalah circuit training yang baik untuk bisa meningkatkan kemampuan VO2 max dengan berbagai variasi-variasi latihan yang bermanfaat bagi para pemain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99423

Actions (login required)

View Item View Item