Efisiensi Gerak Tolakan Sudut 70° dan Sudut 90° pada Start Jongkok Lari Sprint 20 Meter / Dwi Rakhmat Fakhrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efisiensi Gerak Tolakan Sudut 70° dan Sudut 90° pada Start Jongkok Lari Sprint 20 Meter / Dwi Rakhmat Fakhrianto

Fakhrianto, Dwi Rakhmat (2018) Efisiensi Gerak Tolakan Sudut 70° dan Sudut 90° pada Start Jongkok Lari Sprint 20 Meter / Dwi Rakhmat Fakhrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fakhrianto. 2018. Efisiensi Gerak Tolakan Sudut 70 dan Sudut 90 pada Start Jongkok Lari Sprint 20 Meter. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin M.Kes. (II) Olivia Andiana. S.Or. M.Kes. Kata Kunci efisiensi gerak tolakan start start jongkok sprint. Efisiensi gerakan pada olahraga lari jarak pendek (sprint) sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal. Efisiensi gerak sprint harus dimulai dari start yaitu saat seorang sprinter memulai gerakannya. Teknik start yang baik akan memberikan akselerasi maksimal untuk mencapai kecepatan yang maksimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sudut yang efisien dalam melakukan start lari jarak pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa laki-laki Jurusan Ilmu Keolahragaan Offering B Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang tahun akademik 2014 dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data berbentuk tes lari 20 meter. Sedangkan teknik analisa data menggunakan uji beda ANOVA dengan taraf signifikansi 0 05 atau (p 0 05). Sebelum melakukan uji beda ANOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat untuk melakukan uji beda ANOVA. Setelah kedua syarat terpenuhi dan dilakukan uji beda ANOVA hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan sudut tolakan 70 dengan sudut tolakan 90 (sig. 0.001 atau p 0 05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan sudut tolakan 70 memiliki tingkat efisiensi waktu lebih baik dari pada penggunaan sudut tolakan 90 . Diharapkan dapat dilakukan peneliti lanjutan yang mempertimbangkan faktor-faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99421

Actions (login required)

View Item View Item