Survei kadar lemak, kekuatan otot tungkai, dan otot lengan pada atlet putra UABV UM / Achmad Muammar - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei kadar lemak, kekuatan otot tungkai, dan otot lengan pada atlet putra UABV UM / Achmad Muammar

Muammar, Achmad (2018) Survei kadar lemak, kekuatan otot tungkai, dan otot lengan pada atlet putra UABV UM / Achmad Muammar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muammar Achmad.2018. Survei Kadar Lemak Kekuatan Otot Tungkai Dan Otot Lengan Pada Atlet UABV UM. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mahmud Yunus M.Kes. (II) Dr. Sapto AdiM.Kes. Kata Kunci lemak tubuh kekuatan otot tungkai kekuatan otot lengan. Kemampuan fisik penentu dalam permainan bolavoli antara lain adalah kekuatan otot tungkai dan otot lengan. Atlet yang memiliki kekuatan otot diharapkan akan menunjukan permainan yang prima. Bolavoli merupakan olahraga yang dalam proses latihan maupun pertandingan membutuhkan waktu yang relatif lama dengan intensitas sedang sampai berat dimana pemenuhan energinya kebanyakan berasal dari lemak. Namun jika akumulasi lemaknya berlebihan akan berdampak pada penurunan kecepatan gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar lemak tubuh atlet dan seberapa besar kekuatan otot tungkai dan otot lengan atlet putra UABV UM. Metode penelitian yang digunakan adalah survei tes dengan pendekatan kuantitatif dengan desain One-shot model artinya satukali tembak. Populasi pada penelitian ini adalah 20 atlet putra UABV UM. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu semua populasi atlet putra UABV UM yang berjumlah 20 orang. Sedangkan teknik analisa data menggunakan analisis statistik deskriptif. Data diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan SPSS 24. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lemak tubuh dengan rata-rata 13.38 termasuk dalam kategori ideal sebanyak 8 atlet 11 atlet dalam kategori baik dengan rata-rata 17.46 mm 1 atlet dengan rata-rata 19.5 mm termasuk kategori sedang. kekuatan otot tungkai sebanyak 10 atlet dengan rata-rata 213.72 kg dalam kategori baik 6 atlet dengan rata-rata 150.35 kg termasuk kategori sedang 2 atlet dengan rata-rata 112.5 kg tergolong kategori cukup dan 2 atlet dengan rata-rata 82.25 kg termasuk kategori kurang. Kekuatan otot lengan atlet putra UABV UM untuk lengan kanan 4 atlet dengan rata-rata 57.02 kg dalam kategori baik sekali sebanyak 13 atlet dengan rata-rata 53.49 kg termasuk kategori baik 3 atlet dengan rata-rata 43 53 kg dalam kategori sedang. Sedangkan kekuatan lengan kiri hanya 1 atlet dengan rata-rata 57.2 kg dalam kategori baik sekali 8 atlet dengan dengan kategori baik dengan rata-rata 48.65 kg 8 atlet dengan rata-rata 41.81 kg dalam kategori sedang dan 3 atlet dengan rata-rata 35.58 kg dalam kategori cukup. Berdasarkan dengan hasil penelitian diharapkan agar atlet dapat meningkatkan keterampilan dalam bermain bolavoli serta dalam mencapai prestasi maksimal. Diharapkan dapat dilakukan penelitian lanjutan yang digunakan untuk memperkuat hasil temuan peneliti ini dengan bisa menambah variabel bebas lainnya yang bisa membahas hal-hal yang mempengaruhi kondisi fisik atlet atau menambahkan membahas tentang pengaruh latihan agar dapat meningkatkan kekuatan otot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99413

Actions (login required)

View Item View Item