Studi tendangan dollyo chagi di Malang Taekwondo Club tahun 2017 / Dian Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tendangan dollyo chagi di Malang Taekwondo Club tahun 2017 / Dian Novita Sari

Sari, Dian Novita (2018) Studi tendangan dollyo chagi di Malang Taekwondo Club tahun 2017 / Dian Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Sari D.N. 2018. Studi Tendangan Dollyo Chagi Di Malang Taekwondo Club 2017. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Slamet Raharjo S.Pd. M.Or (II) Dr. Supriyadi M.Kes. Kata kunci Tendangan Dollyo Chagi Dartfish Taekwondo merupakan sebuah seni beladiri yang berasal dari Korea Selatan. Taekwondo terdiri dari tiga suku kata yaitu Tae Kwon dan Do Tae memiliki arti menendang Kwon memiliki arti meninju dan Do memiliki arti seni maka dapat disimpulkan bahwa Taekwondo adalah seni tangan dan kaki. Pada seni beladiri Taekwondo seseorang harus menguasai teknik dasar taekwondo salah satunya adalah tendangan Dollyo Chagi yang merupakan pondasi utama seseorang untuk melangkah yang lebih jauh. Dalam membantu pelatih software Dartfish dapat digunakan untuk menganalisis suatu gerakan olahraga sehingga tidak perlu khawatir jika ada gerakan yang terlewatkan. Tetapi dalam software ini masih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing maka dari itu seorang pelatih harus dapat memilih software yang dapat menunjang/ membantu pelatih untuk mengoreksi setiap gerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan antara software Dartfish dalam menganalisis gerakan tendangan Dollyo Chagi di Malang Taekwondo Club Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti akan melakukan penelitian dengan pengamatan langsung di lapangan. Metode deskriptif akan memberikan sebuha penjelasan pada gambar sebagai hasil dari penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif dilakukan hanya satu kali dalam satu periode (Single Cross Sectional Design). Pada jenis penelitian Single Cross Sectional Design kegiatan pengumpulan data atau informasi yang didapat dari satu jenis sampel responden untuk satu saat/waktu. Peneliti mengamati langsung proses pengambilan data berupa video yang nantinya akan digunakan sebagai bahan penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk megetahui suatu gerakan yang digerakan oleh tubuh yang dapat menghasilkan suatu gerakan. Penelitian ini menggunakan sebuah software yang digunakan untuk menganalisis sebuah gerakan tubuh berupa video. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut sudut kaki awalan peserta perempuan yang terbaik sebesar 32.6 sudut lutut sebesar 99.8 sudut kaki angkatan pertama sebesar 117.8 sudut kaki angkatan kedua sebesar 123.7 jarak kaki dengan target 20.5 cm dan titik puncak 153.5 cm. Sedangkan sudut kaki awalan peserta laki-laki yang terbaik sebesar 29.4 sudut lutut sebesar 115 sudut kaki angkatan pertama sebesar 126.2 sudut kaki angkatan kedua sebesar 126.3 jarak kaki dengan target 17.7 cm dan titik puncak 156.7 cm hasil ini diperoleh melalui software Dartfish. Pelatih harus dapat memilih sebuah software yang akan digunakan karena masing-masing software memiliki kelebihan dan kekurangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99401

Actions (login required)

View Item View Item