Minat mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Kautsar Gadingkasri Kota Malang terhadap aktifitas olahraga / Fauzi Darmawan Al-Baru

Al-Baru, Fauzi Darmawan (2018) Minat mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Kautsar Gadingkasri Kota Malang terhadap aktifitas olahraga / Fauzi Darmawan Al-Baru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi Darmawan A. 2017. Minat Mahasiswa Di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-kautsar Gadingkasri Kota Malang Terhadap Aktifitas Olahraga. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mahmud Yunus, M.Kes., (II) Dr. Sapto Adi, M.Kes. Kata kunci: minat, mahasiswa pondok pesantren mahasiswa, aktifitas olahraga. Aktifitas olahraga adalah kegiatan individu maupun kelompok yang dengan sengaja meluangkan waktunya untuk melakukan beberapa kegiatan fisik. Olahraga merupakan salah satu gaya hidup ataupun kebutuhan hidup yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Tanpa adanya minat maka kegiatan olahraga tidak akan terwujud, tak terlebih pada kehidupan di pondok pesantren mahasiswa Al-kautsar Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren mahasiwa terhadap aktifitas olahraga. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat seseorang terhadap suatu subjek diantaranya yaitu perasaan, perhatian, kebutuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di pondok pesantren mahasiwa Al-kautsar Gadingkasri kota Malang yang dilakukan pada bulan juni sampai dengan juli 2017 dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah seluruh santri mahasiswa putra yang berada di pondok pesantren mahasiswa Al-kautsar sebanyak 50 orang dengan jenis kelamin putra. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat santri mahasiswa Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-kautsar Gading Kasri Kota Malang terhadap aktifitas olahraga diperoleh hasil sebesar 85%. Angka tersebut diperoleh dari hasil rata-rata persentase variabel minat yaitu: 1) perasaan, memperoleh data sebesar 88% angka ini masuk dalam kategori “baik”, 2) perhatian, memperoleh data sebesar 79,3%, angka ini masuk dalam kategori “baik”, dan 3) kebutuhan, memperoleh data sebesar 88%, angka ini masuk dalam kategori “baik”. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa minat mahasiswa pondok pesantren mahasiswa Al-kautsar masuk pada kategori “baik”. Saran untuk penelitian selanjutnya, pengelola supaya membuat program olahraga di pondok pesantren mahasiswa Al-kautsar, karena dengan adanya program tersebut di pondok pesantren mahasiswa maka aktifitas olaharaga dapat dilaksanakan secara rutin. Selain itu dapat menjaga minat santri dalam melakukan aktifitas olahraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99398

Actions (login required)

View Item View Item