Analisis tingkat volume oksigen maksimal atlet tenis lapangan Pelti Kota Malang / Mohammad Zafa Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat volume oksigen maksimal atlet tenis lapangan Pelti Kota Malang / Mohammad Zafa Nugraha

Nugraha, Mohammad Zafa (2018) Analisis tingkat volume oksigen maksimal atlet tenis lapangan Pelti Kota Malang / Mohammad Zafa Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Nugraha Mohammad Zafa. 2017. Analisis Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal ( 2 maks) Atlet Tenis Lapangan PELTI Kota Malang Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mulyani Surendra M.S. (2) dr. Rias Gesang Kinanti M.Kes. . Kata Kunci Volume Oksigen Maksimal ( 2 Maks) Atlet Tenis PELTI Kota Malang. Volume oksigen maksimal ( 2 maks) adalah kemampuan tubuh seseorang dalam memaksimalkan penyerapan oksigen pada saat melakukan aktivitas fisik sampai terjadinya kelelahan. 2 maks merupakan komponen kebugaran jasmani. Pada saat bertanding seorang atlet bukan hanya dituntut mempunyai kekuatan yang baik melainkan juga harus mempunyai kebugaran jasmani yang baik juga. Dikarenakan dengan kebugaran yang baik diharapkan dapat menunjang keberhasilan dalam prestasi atlet tersebut pada saat mengikuti sebuah pertandingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat 2 maks yang dimiliki oleh atlet tenis PELTI Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Pengambilan data 2 maks untuk atlet menggunakan multistage fitness test. Jumlah sampel pada saat melakukan tes yakni 15 orang atlet tenis PELTI Kota Malang. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tanggal 21 Mei 2017 menunjukkan dari 15 atlet tenis PELTI Kota Malang diketahui bahwa atlet yang memiliki nilai 2 maks dengan kategori excellent (superior) hanya 1 orang (7%) atlet yang memiliki nilai 2 maks dengan kategori baik sebanyak 4 orang (27%) atlet yang memiliki nilai 2 maks dengan kategori cukup sebanyak 7 orang (46%) atlet yang memiliki nilai 2 maks dengan kategori buruk sebanyak 2 orang (13%) atlet yang memiliki nilai 2 maks sangat buruk hanya 1 orang (7%) dan tidak ada atlet yang memiliki nilai 2 maks dengan kategori sangat baik (0%). Sehingga rata-rata tingkat 2 maks atlet tenis PELTI Kota Malang berada pada kategori buruk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat 2 maks atlet PELTI Kota Malang masih jauh di bawah rata-rata. Oleh karena itu disarankan bagi pemain untuk meningkatkan 2 maks dan bagi pelatih disarankan untuk memberi program latihan fisik untuk meningkatkan 2 maks pemainnya agar dapat mencapai prestasi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99393

Actions (login required)

View Item View Item