Pengaruh latihan interval pendek terhadap daya tahan anaerobik pada pemain Akademi Arema U-14 / Fandi Ari Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan interval pendek terhadap daya tahan anaerobik pada pemain Akademi Arema U-14 / Fandi Ari Wijaya

Wijaya, Fandi Ari (2018) Pengaruh latihan interval pendek terhadap daya tahan anaerobik pada pemain Akademi Arema U-14 / Fandi Ari Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya F.A.2017. Pengaruhlatihan interval pendekterhadapdayatahananaerobikpadaAkademiArema U-14. Skripsi FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SlametRaharjo S.Pd M.Or. (II) Dr. SaptoAdi M.Kes. Kata Kunci interval pendek daya tahan anaerobik sepakbola. Dayatahansangatberperanpadasaatbertahanmaupunmenyerangdalamjangkawaktu 2x45 menitpadapermainansepakbola. Dayatahananaerobikadalahkemampuantubuhdalammengulangiaktivitaskerjaanaerobiksecaraberkali-kali. Dayatahananaerobikataudisebut stamina adalahtingkatdayatahanyang lebihtinggiderajatnyadaripadaendurance kerjastamina adalahkerjapadatingkatanaerobik dimana suplaiataupemasukanoksigentidakcukupmeladenikebutuhanpekerjaan yang dilakukanolehotot.Dayatahananaerobikadalahlatihan yang menggunakan energi dari sistem anaerobik baik itu dari sistem ATP-PC maupun glikolisis anaerobik.Tanpamemilikidaya tahananaerobik yangbaik makaolahragawantidakakanmampubekerjadenganintensitas yang maksimaldandurasi yang pendekataukerja yang bersifateksplosif.Latihan interval pendek sangat dibutuhkan untuk menunjang kemampuan daya tahan anaerobik.PadapemainAkademi Arema U-14 masihmemiliki daya tahan anaerobik yang kurang baik hal itu diketahui pada saat peneliti melakukanpengamatanawal akibatnyadalamsetiappermainan yang sudahdilaksanakan para pemainterlalu cepat mengalami kelelahan Inimenunjukkanbahwa daya tahan anaerobikpara pemain Akademi Arema U-14 masih jauh dari kategori baik. UntukmenunjangatletataupemainAkademiArema U-14memilikikemampuanfisikyang baik terutamapadadaya tahan anaerobikperluadanyalatihankhususuntuk meningkatkanpemasukanoksigen yangcukupuntuk meladenikebutuhanpekerjaan yang dilakukanolehotot salahsatunyadenganmenggunakan latihan interval pendek yang secarateoridapatmeningkatkandayatahananaerobik. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahada pengaruhlatihan interval pendekterhadappeningkatandayatahananaerobikpadapemainAkademiArema U-14. Rancanganpenelitian yang digunakandalampenelitianiniberuparancanganquasi exsperimental designyaituNonequivalent Control Group Design. Subjekdalampenelitianada38pemainAkademiArema U-14 yang di bagimenjadiduakelompokyaitu kelompokeksperimen18 pemaindankelompokkontrol18 pemain. Proses pengambilan data pretestdanposttestmenggunakanlari 300 meter. Data yang diperolehdarihasilpenelitiandianalisisdenganujiAnovamenggunakan SPSS seri 22.0. Berdasarkandarihasilanalisis SPSS ujiAnovadidapatkankelompokkontrol 000 0 05 yang artinya ada pengaruh (signifikan) dan eksperimen 000 0 05 (signifikan). Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasantentangpengaruhlatihan intervalpendekterhadap peningkatan daya tahan anaerobik padapemain Akademi Arema U-14. Terdapatpengaruhpemberianperlakuanlatihan interval pendekterhadap peningkatan daya tahan anaerobik pada pemain Akademi Arema U-14.Dengandemikianpenelitianinidapatdijadikanrefrensiuntuk para pelatih pemain dan bagi jurusan ilmu keolahragaansebagailatihanuntukmelatihdaya tahan anaerobik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99392

Actions (login required)

View Item View Item