Pengaruh permainan lari estafet modifikasi terhadap peningkatan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita kelas I di SDLB N Kedungkandang Kota Malang / Cholil Rusman Mustafa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan lari estafet modifikasi terhadap peningkatan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita kelas I di SDLB N Kedungkandang Kota Malang / Cholil Rusman Mustafa

Mustafa, Cholil Rusman (2017) Pengaruh permainan lari estafet modifikasi terhadap peningkatan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita kelas I di SDLB N Kedungkandang Kota Malang / Cholil Rusman Mustafa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustafa Cholil Rusman. 2017. Pengaruh Permainan Lari Estafet Modifikasi terhadap Peningkatan Gerak Dasar Lokomotor Anak Tunagrahita Kelas I di SDLB N Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. (II) Dr. Saichudin M.Kes. Kata kunci permainan lari estafet tunagrahita kemampuan lari Tunagrahita adalah anak yang mengalami gangguan pada mental dan perkembangan motoriknya. Pada perkembangan anak baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus harus dapat menguasi gerak dasar lokomotor dengan baik terutama gerak lari dan loncat. Di SDLB N Kedungkandang dalam bidang olahraga khususnya anak tunagrahita ada masalah dalam keterampilan gerak lari dan loncat. Karena kurangnya variasi dalam latihan yang diberikan sehingga anak tunagrahita kurang tertarik. Salah satu cara untuk meningkatkan gerak lari dan loncat maka peneliti memberikan bentuk permainan lari estafet modifikasi. Tujuan dari latihan ini untuk mengetahui pengaruh bentuk permainan lari estafet modifikasi terhadap peningkatan gerak dasar lokomotor lari pada anak tunagrahita kelas I di SDLB N Kedungkandang Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode One Group Pretest-posttest Design yaitu desain yang terdapat pre-test sebelum diberi perlakuan dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Sampel yang digunakan sebanyak 6 orang yang diberi perlakuan selama delapan kali pertemuan. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kemampuan lari dan loncat adalah tes lari 40 m untuk anak tunagrahita umur 10-12 th. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil tes awal menunjukkan rata-rata sebesar 2 33 standar deviasi sebesar 0 816 dan rentangan skor sebesar 2. Hasil akhir menunjukkan rata-rata 3 13 standar diviasi 0 753 dan rentangan skor sebesar 2. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata standar deviasi dan rentangan skor hasil tes akhir lebih kecil dari tes awal. Selain itu hasil analisis dengan menggunakan uji-t amatan ulangan diperoleh thitung -2 712 dengan probabilitas 0 042 945 0 05 yang berarti signifikan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan ada pengaruh dari permainan lari estafet modifikasi terhadap peningkatan gerak dasar lokomotor lari untuk anak tunagrahita kelas I di SDLB N Kendungkandang Kota Malang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai variasi baru dalam melatih atau mengajar khususnya peningkatan gerak lari pada anak tunagrahita kelas I SDLB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99337

Actions (login required)

View Item View Item