Pengaruh bermain gobak sodor terhadap kelincahan siswa tuna rungu SMPLB-B Tunas Bangsa Malang / Ristu Yuniatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bermain gobak sodor terhadap kelincahan siswa tuna rungu SMPLB-B Tunas Bangsa Malang / Ristu Yuniatun

Yuniatun, Ristu (2017) Pengaruh bermain gobak sodor terhadap kelincahan siswa tuna rungu SMPLB-B Tunas Bangsa Malang / Ristu Yuniatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniatun Ristu. 2017. Pengaruh Bermain Gobak Sodor Terhadap Kelincahan Siswa Tuna Rungu SMLB-B Tunas Bangsa Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin M.Kes (II) Dr. Mahmud Yunus M.Kes. Kata Kunci Bermain Gobak Sodor Kelincahan Tuna Rungu Tuna rungu adalah salah satu klasifikasi anak yang dikategorikan luar biasa yang mempunyai kelainn dalam hal pendengarannya sehingga memberikan dampak negatif pada perkembangannya. Pada perkembangan anak baik normal amupun anak berkebutuhan khusus harus memiliki komponen kebugaran jasmani yang baik. Terutama kelincahan di SMLB-B Tunas Bangsa Malang dalam bidang olahraga ada masalah dalam kelincahannya. Tidak adanya guru khusus yang berlatar belakang pendidikan jasmani adaptif dan kurangnya variasi dalam pemberian materi pendidikan jasmani sehingga anak tuna rungu mudah bosan dan kurang tertarik untuk berolahraga. Salah satu cara untuk meningkatkan kelincahan maka peneliti memberikan perlakuan permainan tradisional gobak sodor yaitu permainan beregu yang menuntut ketangkasan menyentuh badan lawan dan menghindar dari kejaran lawan. Tujuan dari permainan tradisonal ini untuk mengetahui adakah pengaruh bermain gobak sodor terhadap kelincahan siswa tuna rungu SMLB-B Tunas Bangsa. Penelitian dilakukan menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimental (eksperimental semu) dengan metode one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan sebanyak 12 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat kelincahan adalah tes lari bolak balik (shuttle run) 4x10m. Saat melalukan pretest subyek penelitian diberikan kesempatan melakukan tes shuttle run sebanyak 2 kali. Penilaian dilakukan atas waktu tercepat atau tersingkat. Subyek diberikan perlakuan permainan gobak sodor selama 8 minggu. Posttest dilakukan dengan prosedur yang sama dengan pretest. Setelah pretest dan posttest dilakukan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan syarat melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pemberian perlakuan bermain gobak sodor selama 8 minggu (posttest) memiliki nilai hitung yang lebih rendah yaitu 14 16 detik dan standar deviasi 1 094 dibandingkan sebelum pemberian perlakuan (pretest) yaitu 15 19 dan standar deviasi 1 098. Posttest dilakukan dengan prosedur yang sama dengan pretest. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari bermain gobak sodor terhadap kelincahan siswa Tuna Rungu SMPLB-B Tunas Bangsa Malang. Perlu diadakannya penelitian yang serupa dengan adanya pengendalian faktor-faktor yang mempengaruhi kelincahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99321

Actions (login required)

View Item View Item