Pengaruh olahraga moderat dan exhaust terhadap ekspresi hormon kortisol / M. Sami'ul Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh olahraga moderat dan exhaust terhadap ekspresi hormon kortisol / M. Sami'ul Fauzi

Fauzi, M. Sami'ul (2015) Pengaruh olahraga moderat dan exhaust terhadap ekspresi hormon kortisol / M. Sami'ul Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi M. Sami ul. 2014. Pengaruh Olahraga Moderat dan Exhaust Terhadap Ekspresi Hormon Kortisol. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugiharto M.S (II) dr. Rias Gesang K. M.Kes. Kata Kunci eksperimen latihan moderat latihan exhaust kortisol Olahraga dapat menyebabkan stres akan tetapi stres yang terjadi dapat dikondisikan menjadi stres yang positif. Stres yang terjadi ditandai dengan peningkatan hormon kortisol. Peningkatan kortisol sangat ditentukan oleh tingginya intensitas dan durasi latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan intensitas moderat dan exhaust (sangat melelahkan) terhadap kortisol dengan menggunakan binatang coba tikus putih strain wistar berjumlah 21 ekor yang terbagi menjadi 3 kelompok yakni kontrol olahraga moderat dan olahraga exhaust. Perlakuan berupa latihan renang. Metode penelitian menggunakan Random Control Group Posttest-Only Design yang digunakan untuk membandingkan kelompok kontrol kelompok moderat (5% total berat badan) dan kelompok exhaust (15% total berat badan). Latihan dilakukan 3 kali seminggu selama 8 minggu waktu latihan dilakukan pada malam hari. Pengukuran kadar kotisol dilakukan dengan metode ELISA sedangkan analisis data menggunakan uji beda anava dengan taraf signifikansi 0 01. Berdasarkan hasil analisis data diartikan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan moderat dan exhaust. Namun bila dilihat dari kecenderungan nilai rerata kadar kortisol kelompok moderat 1239 pg/mL dan rerata kelompok exhaust 1370 56 pg/mL terjadi kecenderungan kenaikan kortisol pada kelompok exhaust dibandingkan dengan kelompok moderat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latihan moderat dan exhaust mempunyai pengaruh yang sama terhadap kadar kortisol namun kecenderungan kenaikan lebih besar kelompok exhaust. Hal itu disebabkan karena intensitas kelompok exhaust lebih tinggi dibanding kelompok moderat. Oleh karena itu dalam pelaksanaan latihan moderat perlu memperhatikan kondisi lingkungan agar stres yang muncul tidak terlalu tinggi dan dapat ditoleransi oleh tubuh. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan ketika memberi perlakuan lebih memperhatikan faktor lingkungan seperti suhu dan kelembaban udara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99237

Actions (login required)

View Item View Item