Pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi permainan untuk siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar / Irfan Syarofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi permainan untuk siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar / Irfan Syarofi

Syarofi, Irfan (2014) Pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi permainan untuk siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar / Irfan Syarofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syarofi Irfan. 2014. Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Modifikasi Permainan untuk Siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Gatot S M.Kes (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata Kunci Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lompat Jauh Gaya Jongkok Modifikasi Permainan. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya materi lompat jauh gaya jongkok belum berjalan dengan baik hal ini terjadi karena banyak siswa yang mengalami kesulitan dapa saat melakukan gerakan dasar melompat. Bisa dilihat dari hasil observasi awal siswa yang benar memenuhi dari kriteria teknik awalan tolakan melayang dan mendarat ada 2 siswa (8 33%) sebaliknya ada 22 siswa (91 66%) yang melakukan kesalahan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi prmainan untuk Kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Dengan pendekatan modifikasi permainan ini diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Adapun permainan tersebut meliputi (1) Permainan Hitam dan Hijau (2) Permainan lompat ban sepeda (3) Permainan lompat kancil (4) Permainan lompat satu kaki beregu (5) Permainan lompat rintang (6) Permainan lompat katak. 12288 12288 12288 12288 Metode yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri 4 tahap pada setiap siklusnya yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) rerfleksi. Pembelajaran yang digunakan dalam peneliti ada 6 permainan yang telah dimodifikasi adalah permainan hitam dan hijau permaianan lompat ban sepeda permaianan lompat kancil permainan lompat satu beregu permainan lompat rintang dan permainan lompat katak. Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses serta hasil pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari siklus I dan siklus 2 pertemuan pada siklus I saat melakukan awalan tidak terdapat kesalahan prosentase siswa melakukan kesalahan dari segi teknik tolakan 9 siswa 37 50% dari teknik melayang 8 siswa 33 33% dari teknik mendarat 14 siswa 58 33%. Hasil siklus 2 kesalahan siswa melakukan sikap tolakan yaitu sebesar 0% dan saat melakukan gerakan melayang sebesar 2 siswa 8 33% dan saat melakukan gerakan mendarat sebesar 2 siswa 8 33%. Jadi bisa disimpulkan bahwa dari observasi awal sampai dengan siklus 1 dan siklus 2 Penelitian Tindakan Kelas yang diberikan di SMP Negeri 3 Srengat bisa berjalan lancar dan dari siklus 1 sampai 2 siswa mengalami penurunan kesalahan. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menyarankan dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan latihan modifikasi permainan untuk meningkatkan siswa melakukan lompat jauh gaya jongkok karena dengan menggunakan model permainan yang telah dimodifikasi terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan lompat jauh gaya jongkok di SMP Negeri 3 Srengat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99218

Actions (login required)

View Item View Item