Pengembangan permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada siswa kelas III SDN Bokor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang / Fajar Khusnul Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada siswa kelas III SDN Bokor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang / Fajar Khusnul Hakim

Hakim, Fajar Khusnul (2014) Pengembangan permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada siswa kelas III SDN Bokor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang / Fajar Khusnul Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hakim Fajar Khusnul. 2014. Pengembangan Permainan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif Siswa Kelas III SD Negeri Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini M.Pd (II) Drs. H. Agus Gatot S. M.Kes. Kata Kunci Permainan gerak lokomotor gerak manipulatif Keterampilan gerak lokomotor dan manipulatif pada anak terbentuk tidak secara tiba-tiba namun merupakan pembiasaan dari kegiatan anak. Salah satu cara untuk melatih kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif anak dapat digunakan dengan bermain permainan yang mengandung unsur-unsur kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif. Berdasarkan analisis kebutuhan awal dan observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa SD Kelas III senang melakukan pembelajaran olahraga yang menggunakan permainan. Namun permainan-permainan yang disusun oleh guru masih kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu penelitian ini mengambil fokus permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Menurut Borg and Gall (1983 775) terdapat sepuluh langkah. Kesepuluh langkah penelitian dan pengembangan tersebut tidak secara keseluruhan digunakan oleh peneliti. Hal itu dikarenakan keterbatasan waktu tenaga dan biaya dari peneliti. Dalam penelitian dan pengembangan ini ada tujuh langkah yang akan digunakan antara lain 1)Melakukan penelitian dan pengumpulan data termasuk observasi lapangan kajian pustaka serta analisis kebutuhan. 2)Mengembangkan produk awal. 3)Evaluasi dari ahli 4)Uji coba kelompok kecil. 5)Revisi produk awal 6)Uji coba kelompok besar 7)Revisi produk akhir. Hasil akhir produk pengembangan berupa permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada siswa kelas III. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil dari pengembangan ini adalah 8 Permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang di susun dalam bentuk buku panduan. Hasil evaluasi akhir yang diperoleh dari ahli permainan olahraga menyatakan persentase sebesar 75 00% yang berarti produk cukup valid. Hasil evaluasi dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu guru mata pelajaran pendidikan jasmani menyatakan persentase sebesar 84 17 % yang berarti sangat valid. Hasil evaluasi ahli media menyatakan persentase sebesar 83 33% yang berarti sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil yaitu 12 siswa kelas III menyatakan 82 60 % permainan yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji coba kelompok besar yaitu 31 siswa kelas III menyatakan 84 20 % berarti permainan yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa 8 permainan olahraga kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani khususnya materi kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif. Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan dan saran pengembangan lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk berupa permainan olahraga ini dikembangkan pada materi lain tidak hanya pada materi keterampilan gerak lokomotor dan manipulatif saja. Saran diseminasi produk ditujukan kepada guru dan instansi pendidikan lain supaya bersedia untuk memanfaatkan produk berupa permainan olahraga ini. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat menyusun percobaan-percobaan yang berbeda dari yang telah dikembangkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99194

Actions (login required)

View Item View Item