Pengembangan model-model latihan fisik untuk wasit futsal PSSI Kota Malang / Eko Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model-model latihan fisik untuk wasit futsal PSSI Kota Malang / Eko Purnomo

Purnomo, Eko (2014) Pengembangan model-model latihan fisik untuk wasit futsal PSSI Kota Malang / Eko Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purnomo Eko. 2013. Pengembangan Model-model Latihan Fisik untuk Wasit Futsal PSSI Kota Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mulyani Surendra M.S (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd Kata Kunci latihan fisik wasit futsal Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan wasit futsal PSSI Kota Malang pada tanggal 29 September 2013 latihan fisik yang dilakukan belum efektif dan tidak sesuai dengan yang diharapkan serta belum adanya panduan yang jelas dalam melaksanakan program latihan fisik. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 25 wasit futsal PSSI Kota Malang dengan hasil sebagai berikut wasit futsal PSSI Kota Malang membutuhkan panduan dalam melaksanakan latihan dan dikemas dalam bentuk buku saku. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model-model latihan fisik. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan agar wasit futsal PSSI Kota Malang lebih antusias dan bersemangat dalam melaksanakan latihan fisik. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan) evaluasi ahli uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil pengembangan model-model latihan fisik untuk wasit futsal PSSI Kota Malang diperoleh data sebagai berikut (1) justifikasi ahli latihan fisik sebesar 92 92% (baik sekali) (2) justifikasi ahli perwasitan futsal sebesar 94 17% (baik sekali) (3) justifikasi ahli media sebesar 75 7% (baik) (4) uji coba tahap I (kelompok kecil) sebesar 88 78% (baik sekali) (5) uji coba tahap II (kelompok besar) sebesar 89 97% (baik sekali). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model-model latihan fisik untuk wasit futsal PSSI Kota Malang menarik untuk dilakukan aman untuk dilakukan mudah untuk dilakukan tepat untuk dilakukan serta bermanfaat untuk wasit futsal PSSI Kota Malang. Produk yang dikembangkan mempunyai kemenarikan dalam produk latihan karena model latihan yang dibuat berbentuk permainan baik permainan beregu/kelompok atau permaian individu dengan media-media dan sistem kompetisi. Permainan aman dilakukan karena permainan berkonsep setiap regu mempunyai lintasan sendiri-sendiri dan media mencukupi. Permainan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami. Permainan tepat untuk wasit futsal PSSI Kota Malang karena diadaptasikan dengan ciri-ciri latihan fisik pada umumnya dan latihan wasit futsal khususnya. Kemanfaatan permainan sangat dominan karena untuk mempermudah wasit dalam melaksanakan latihan fisik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99188

Actions (login required)

View Item View Item