Anjarsari, Febrike Woro (2014) Menulis untuk pengembangan berfikir kritis siswa / Febrike Woro Anjarsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anjarsari Febrike W. 2013. Menulis untuk Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Suyono M.Pd. Kata Kunci menulis berpikir kritis pembelajaran menulis 12288 12288 12288 12288 Kebutuhan dalam kehidupan menuntut seseorang berpikir secara kritis kreatif inovatif dan produktif untuk berkomunikasi dan memecahkan permasalahan. Menulis merupakan aktivitas menuangkan ide gagasan dan perasaan lewat simbol-simbol grafik yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran berpikir. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan konseptual menulis dan pengembangan berpikir kritis mendeskripsikan aspek berpikir kritis yang berkelindan dengan aspek penting menulis mendeskripsikan bagaimana menulis digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mendeskripsikan bagaimana kondisi ideal pembelajaran menulis yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka yang didukung dengan instrumen berupa matrik analisis. Matrik analisis yang dibuat oleh peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk memasukkan dan menganalisis data. Tahapan analisis data yang dilakukan peneliti meliputi (1) langkah persiapan (2) langkah penganalisisan dan (3) langkah penyimpulan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian yaitu pertama menulis dan berpikir kritis berhubungan yakni (1) menulis sebagai aktivitas berpikir (kritis) dan (2) menulis sebagai media analisis pemikiran (kritis). Kedua ditemukan 10 aspek berpikir kritis yang berkelindan dengan aspek penting menulis yakni (1) kejelasan (2) keakuratan (3) ketelitian (4) keterkaitan (5) kedalaman (6) keobjektifan (7) kelogisan (8) kepentingan (9) kejujuran dan (10) kebaruan. Ketiga ditemukan sepuluh alasan menulis dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa yakni (1) mengorganisasi perasaan mengasah daya pikir dan konsentrasi (2) meningkatkan kreativitas siswa (3) mengikat ilmu (4) memecahkan masalah dengan logis dan rasional (5) mendorong siswa aktif (6) meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa (7) mengubah cara berpikir diri sendiri dan orang lain (8) meningkatkan ketelitian siswa (9) mengembangkan keterampilan afektif dan (10) menantang masa depan. Keempat ditemukan tujuh kondisi ideal pembelajaran menulis yakni (1) kondisi ideal pengajar (2) kondisi ideal siswa dan lingkungan belajar siswa (3) kondisi ideal proses pembelajaran menulis (4) kondisi ideal strategi dan model pembelajaran menulis (5) kondisi ideal bahan pembelajaran menulis (6) kondisi ideal media pembelajaran dan (7) kondisi ideal penilaian pembelajaran menulis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PIN Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9913 |
Actions (login required)
View Item |