Survey tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani padasiswa kelas I dan II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Neneng Diah Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Survey tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani padasiswa kelas I dan II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Neneng Diah Puspitasari

Puspitasari, Neneng Diah (2010) Survey tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani padasiswa kelas I dan II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Neneng Diah Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABS I RAK PuspitaN enengD. iah.2 003.S un eiT ingkatk edisipilinaSn isrvad alarnP ernlrela.laran PendidikanJ asmanPi adas isrvak elasI dan II SMU LaboratoriumU niversitasN egeri Malang.S kripsi P rogramS tudiP endidikanJa smanKi esehaladna nR ckreas.il urusan llmu Keolakagaan l akultas llmu Pendidikan Universitas Negeri iviaiang. Pembimbing (Dl)r a.S itiN urrochmah I 4.Ke(2s) Drs.M ulyaniSurendraM . S. Kata Kunci K edisiplinanP e rnbela.jarPane n didikaJna smani. Pernbelajarapne nclidikanja srnani mcrupakanb entuk pentbclajaran1 ang mempunyaik arakteristikp embelajarang erak dan diiaksanakand i keias terbuka( lapangan)A. gar prosesp embelajarapne njasb erjaland enganla ncer m akad i perlukan kedisiplinanp adas iswa.M asalahk cdisiplinans eringd iabaikano lch scbagiang uru terutamag urr.rp endidikanja srnani.P adahadl alarnp embelaiarapne niasm tsainyaa da sisrvayangg aduh r nakas ebagians isrvat iclakd apat rnenangkappc nlelasang uru. Berani kedrsiplinand alarn penrbelajaranp enjas rnutlak diperlukan SN4ij LaboratoriumU niversitasN egeri Malang merupakanS MU srvasta d imanab an-vak orang beranggapanb ahrva sekolah swasta tingkat keclisiplinannvarc nriah Kedisiplinany ang diperlukand alam pembelajaranp enjasa dalahk edisiplinand alam menrakai seragam dan melakukan kegiatan sesuai dengan instrnksi guru. Oleh karenanyam asalahk edisiplinand alam pembelajaranp enjasd i SMU l.aboratoriurn UM menarik untuk diteliti. Tujuan peneiitiani ni yaitu (1) untut mengetahudi an mengkajit ingkat kedisiplinand alam pembelajaranp endidikanja smani paclas isu a kelas I SMU Laboratorium[ JniversitasN egeri Malang (2) untuk mengetahudi an mengkajit ingkat kedisiplinand alarn pembelajaranp endidikanj asmani pada sisrva kelas2 SMU LaboratoriumU niversitaNs cgcriM alang. Rancangany ang digunakan berupa rancangann on eksperimentaly ang tennasukp enelitiand eskriptifk uantitatifS. ubyekp enelitianya itus eluruhs isrvak elas I yang bcrjumlah2 87 siswad an kclas 2 bcrjumlah2 74 sisrvaS MU Laboratorium Universitas Negeri ivlalang sehingga subyek penelitian berjumlah 561 siswa.Penelitiadni lakulians elamab ulan oktobert ahrur2 002.P rosedurp engumpulan datam enggunakatenk nik observasyi angd ilakukano leh 3 orango bsener.A nalisis datay angd igunakanb erupas tatistikad eskriptifdenganm enggunakapne rsentase. Hasil penelitian -vang diperoleh tenlang tingkat kedisiplinan dalarn pembelajaranp endidikanja smani sisrvak elas 1 dan kelas 2 di SMU laboratorium UniversitasN egeri Malanga dalahs ebagabi erikut L Keseragarnapna kaiany aitu a) scbagianb esar( 97 86%)o bsenest clah rncmakapi akaians eragamk aos olahraga yang sudahd itentukans ekolahp ada saat pembelajarapnr aktekb erlangsungd a n sebagiakne cil hanya2 14-ot4id akm emakasi eragamka oso lahragab ) sebagiabne sar (91i 03o o/ob)s erveste lah memakasi eragamc elanao lahragay ang sudahd itentukan sekolahp ada saat pembelajaranp rak-tek berlangsungd a.ns ebagiank ecil hanya 1 970 t6id akm emakasi eragamce lanao lakaga c ) sebagiabne sar( 84.650 6o)b scrvss tnenggunakakna os kaki yar-rgs u-dahd itentukans ekolah( hitan-ar taup utih)p adas aar pembelajarapnr aktekb erlangsungd a n sebagiakne cil hanya1 5 159o 0b senest idak memakaki aosk aki d)sebagiabne sar( 85 39%)o bsenesm emakasi cparu-v angs udah di-tentukan sekolall dan sebagian kecil hanya 14 60% observes tidak memakai sepatue )melakukanK egiatanS esuail )enganl nstruksiG uru Padas aatp embelalaran prattetb erlangsunsge bagianb esar( .91.78 /oo) bserveste patw aktud atangk e kelas ( lapangantO) rnenits ebagiakne cilh anya8 210 o6b sen esti dakt epatwaktudatang rc fipangan f ) sebagianb eiar observes( 96 90%)t idak rapi dalamb erpakaian(k aos dinraiukkanpl ada saatp cmbelajaranp raktekb erlangsungd a n sebagian.kccilh any a 3 09%o bservesra pi dalamb erpakaiang )sebagiano bserves(5 3 00%)t idak berbicara (iidakm elakukank ega-duhanp) adas aatp embelajarapnr aktekb erlangsungS ebagtan 46 99%m elakukank egaduhanh ) padas aatp crnbelajarapnr aktek akanb crlangsung sebagiabne saro bser-ve s9 4 47%)b erbarisd i lapangasne suadi enganin struksgt uru danJ ebagiank ecil 5 52%o bserv sti dak berbarisd i lapangans esuadi enganin struksi guru i ) sebagianb esar( 98 01%) obsewesm elakukang erakan pernanasavna ng iiirlngi. denginh itunganp adas aatp embelalarapnr aktekb er-langsundga n sebagian kecil hanya 1 18% observest idak melakukang erakan pemanasany angd iiringi denganh itunganj ) pada saatp embelajarapnr aktek berlangsungs ebagiano bserves (50 fW - tutut un kegiatan bertanya pada guru. Sebagian 49-460/ tidak melakukank egiatanb ertanyap aclag uru k) sebagianb esar obscrves( 64.38%) melakukank egiatanm enjawab pertanyaand an guru padas aatp embela.larapnra ktek berlangsung l)sebagian kecil 35 61% tidak melakukan kegiatan nrenjarvab peranyaanr n ) sebagiabne sar( 94 0696o) bseryestn elakukapne tuniuk-petunlguuk ru di lapingand enganb aik padas aatp embelajarapnr aktekb erlangsungS. ebagiank ecil 1 uno5o. 0 X obs rucst iclakm claktrkanp ctunjuk-pcttrnjugkrr rud i lapanganc ltrngan baik n)sebagianb esar observes( 79 92%) meninggalkanla pangan( petalaran) memintai iin pada guru pada saatp embela.iarapnr aktekb erlangsungS. ebagiank ecil hanya2 0 0796o bsen csm cninggalkanla pangant idak mcmintai jin pada guru pada saaip embelajarapnr aktekb erlangsung0 ) sebagiabne saro bserve(s9 4 61%)s eielah pembelajaranp raktek berlangsungs isrvac epat kernbalik e barisan.S ebagiank ecil hanya (5 38%) observest idak cepat kernbalik e barisan p ) sebagiano bserves GA 99%) melakukank egiatanp elemasan c olling down dengana ba-abad ari -suru paclas aat pr mbelajarapnr aktekb er-langsungq ) sebagiank ecil hanya( 49 000 0) obsen est idak melakukank egiatanp elemasan(c olling do- n) dengana ba-abad ari gunr r ) sebagianb esar( 94 839/oo)b servesc epatk embalik e kelasu ntukb er-ganti pakaiand an siap mengikutip embelajaransc lanjutnyas ctelahp embclajaranp raktck berlangsungs ebagiank ecil hanya 5 1696o bservest idak cepat kembaii ke kelas untuli berganti pakaian. Dengand emikians ecarak eseluruhand apat disimpulkanb ahrvap ada srsrva kelas I dan Il telah berdisrplin pada waktu pembelalaranp enjas dalam hal keseragamapna kaiand an mclakukank egialans esuadi enganin struksgi uru n am(ln yang tidak berdisiptinp adaw aktu pembelajarapne njasa dalahs iswat idak rapi daiam berpakaia(nk aosd irrasukkan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99117

Actions (login required)

View Item View Item