Pengaruh latihan erobik dan anerobik terhadap peningkatkan jumlah eritrosit pada tikus putih oleh Aning Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan erobik dan anerobik terhadap peningkatkan jumlah eritrosit pada tikus putih oleh Aning Mardiana

Mardiana, Aning (2010) Pengaruh latihan erobik dan anerobik terhadap peningkatkan jumlah eritrosit pada tikus putih oleh Aning Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eritrosit bermanfaat trnhrk mengangkut hemoglobin yang mengikat oksigen dmi paru-paru ke jmingan. Jumlah eritrosit perlu ditingkatkan selama latihan untuk meningkatkan kinerja fisik. Benruk latihan erobik dan anerobik didugad apatm eningkatanju mlah eritrosit dalam darah.P enelitiani ni bertujuan untuk mengetahupi engaruhl atihan erobik terhadapp eningkatanju mlah eritrosit unftrkm engetahupi enganrhl atihan anerobik terhadapp eningkatanju mlah eritrosit dan unhrk mengetahuip erbedaanp engaruha ntaral atihan erobik dan anerobikt erhadapp eningkatanju mlah erinosit. Hipotesis penelitian ini adalah latihane robik berpengaruht erhadapp eningkatanju mlah eritrosit latihan anerobik berpengaruhte rhadapp eningkatanjumlah eritrosit dan adap erbedaanp engaruh antaral atihan erobik dan anerobik terhadapp eningkatanju mlah eritrosit. Penelitian ini dilalekan di laboratsrium Farmakologi Fakultas Kedskteran UnivemitasB rawijayaM alang padat anggal1 9 Januar i 19 maret2 004. Metode penelitiany ang digunakana dalahe ksperimentadl enganr ancanganR andomized Contrcl (iroup Posttest Design. Subjek penglitian ini adalah 15 ekor tikus jenis rattus norvegicus sftdin wistar berjenis kelamin jantan berunur 3 bulan dengan berat badan 170-200 gr. Subjek dibagai 3 kelompok kelompok I diberi perlakuan berupa latihan erobik kelompok 2 latihan anerobik dengan lama perlakuan 8 minggu s edangkank elompok 3 sebagaki ontrol. Alat yang digunakand alam perlakuanp enelitian ini adalaht readmill yang telah dirancango leh Prof. dr. Aris Wrdsdo Ph.D. dari Universitas Brawijaya Malang dan tes labsratorium untuk memeriksajumlah eritrosit dilaksanakan di laboratorium klinik Bromo Mdang. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t independent dengan taraf sigmfikansi a 0 05. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai mean eritrosit pada kelompokl atihm erobik 6880.10 seVmikroliterl a tihana nerobik6 754.l 0r seVmikolitedr ank ontrol6 580.l0 sel/mikroliterD. lihat darin ilaim eannya terdapapt eningkatanjumlahm eane ritrositp adal atihane robik sebesa3r 00.10r seVmikrolitear tau 1 05%d anp adal atihana nerobiks ebesa1r 74.1Ars eVmilaoliter atauI 03% dibandingkan lenganko ntrol. Terdapatp eningkatans ebesa1r 26.l0l sel/mikroliter atau O 2olopadalatihane robik dibandingkanl afihan anerobik. Dlihat nilai meannya membuktikan bahwa latihan yang diberikan setama 8 mtnggum emiliki pengaruht erhadapp eningkatanju mlah eritrosit walaupun secaras tatistik tidak terdqat perbedaany ang signifikan.Berdasarkanh asil uji-t antara latihan erobik dan kontrol terhadap peningkatanjumlah eritrosit diperoleh nilai p 0 398 (p 0 05) antara latihan anerobik dan kontrol terhadap peningkatan jumlah eritrositd iperolehn ilai p 0 665 (p0 05) dan antaral atihane robikd an anerobikt erhadapp eningkatanju mlah eritrositd iperolehn ilai p 0 807 (p0 05). Dengan demikian hipotesis alteutatif ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99109

Actions (login required)

View Item View Item