Survei tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2Maks) pada Polisi Lalu Lintas Polresta Malang / Putri Nandayan Revlirama - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2Maks) pada Polisi Lalu Lintas Polresta Malang / Putri Nandayan Revlirama

Revlirama, Putri Nandayan (2009) Survei tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2Maks) pada Polisi Lalu Lintas Polresta Malang / Putri Nandayan Revlirama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keadaaan lalu-lintas di Kota Malang semakin padat. Hal ini dikarenakan akibat arus pertumbuhan penduduk transportasi dan industri yang semakin meningkat. Semakin padatnya arus lalu-lintas tersebut semakin meningkat pula tingkat polusi udara. Gas buang kendaraan bermotor dan industri menghasilkan zat-zat polutan yang sangat membahayakan kesehatan. Selain itu polusi udara juga akan berdampak pada penurunan tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) karena polusi udara menyebabkan radikal bebas. Yang mana radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif. Beberapa efek negatif dari stres oksidatif yaitu dapat menimbulkan oksidasi LDL (Low Density Lipoprotein) sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis). Bila terjadi aterosklerosis maka aliran darah yang mengangkut oksigen ke jaringan juga akan terhambat sehingga memungkinkan terjadinya penurunan kapasitas oksigen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) pada polisi lalu-lintas Polresta Malang dengan melihat hasil tes lari multi tahap (multistage fitness test) yang berupa prediksi kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks). Bila diketahui prediksi VO2 maks-nya rendah maka bisa disimpulkan bahwa tingkat kapasitas oksigen maksimal polisi lalu-lintas rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dimulai dengan penyebaran angket pendahuluan kemudian dilanjutkan dengan menyeleksi sampel berdasarkan data dari angket yang didapat lalu dilakukan pengukuran tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan melakukan tes lari multi tahap (multistage fitness test) pada sampel yang telah terpilih. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket pendahuluan dan tes lari multi tahap (multistage fitness test) untuk mengukur tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks). Kegiatan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) polisi lalu-lintas Polresta Malang rendah. Oleh karena itu disarankan agar polisi lalu lintas melakukan rolling dinas maksimal 2 tahun untuk dinas di Satlantas agar dampak polusi udara terhadap kesehatan khususnya VO2 maks tidak terlalu besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99095

Actions (login required)

View Item View Item