Analisis wacana iklan honda di Malang post / Niswatul Mardiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis wacana iklan honda di Malang post / Niswatul Mardiyah

Mardiyah, Niswatul (2012) Analisis wacana iklan honda di Malang post / Niswatul Mardiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis wacana iklan cetak Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang bermaksud untuk mempromosikan suatu produk dan memotivasi pembeli potensial. Pada dasarnya iklan tidak dapat terlepas dari penggunaan bahasa agar pesan dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Penggunaan bahasa dalam iklan dapat digolongkan sebagai wacana. Oleh karena itu wacana iklan juga merupakan salah satu objek kajian analisis wacana karena iklan memiliki struktur seperti wacana iklan pada umumnya. Salah satu iklan yang menarik untuk dikaji adalah iklan Honda. Iklan ini menarik untuk diteliti karena sektor usaha besar yang mendominasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik iklan Honda yang meliputi(1) diksi (2) piranti kohesi dan (3) struktur wacana iklan yang digunakan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah iklan Honda di Malang Post bulan Februari September 2011. Data penelitian ini adalah wacana yang berupa kata frase dan kalimat yang berasal dari pengamatan iklan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis wacana deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul adalah 27 buah iklan. Berdasarkan analisis data ditemukan tiga temuan penelitian. Pertama diksi yang digunakan iklan Honda berupa penggunaan kata-kata yang berkaitan dengan teknologi penggunaan kata-kata yang berkaitan dengan gaya hidup penggunaan kata-kata yang berkaitan dengan ekonomi penggunaan kata-kata yang berkaitan dengan sifat positif penggunaan kata-kata yang berkonotasi tinggi dan penggunaan kata-kata atau istilah asing. Kedua piranti kohesi yang digunakan Iklan Honda berupa piranti kohesi gramatikal dan leksikal. Piranti kohesi gramatikal yang digunakan adalah referensi anafora dan substitusi yang berfungsi untuk mempersingkat dan memperpadat isi iklan. Piranti kohesi leksikal yang digunakan adalah reiterasi atau pengulangan. Bentuk pengulangan tersebut berupa pengulangan penuh pengulangan dalam bentuk lain dan pengulangan penggantian yang digunakan untuk mengingatkan pembaca iklan pada hal penting dalam pesan iklan. Ketiga struktur wacana yang digunakan dalam iklan cetak Honda ada delapan pola struktur yaitu (1) BU SBU B P (2) BU B P (3) BU SBU B (4) BU SBU P (5) BU SBU (6) BU B (7) BU P dan (8) BU. Struktur yang paling banyak digunakan dalam iklan Honda adalah BU SBU B P. Dari hasil penelitian ini disampaikan saran sebagai berikut. Pertama bagi pembuat iklan diharapkan menggunakan kata-kata yang berkonotasi tinggi untuk menekankan keunggulan yang diiklankan menggunakan kata-kata asing dan kata- kata yang berkaitan dengan teknologi secara tepat sesuai dengan sasaran iklan menggunakan substitusi dan menghindari konjungsi untuk mempersingkat iklan dan menggunakan struktur wacana iklan BU SBU B P untuk menyajikan informasi secara lebih lengkap. Kedua bagi para pendidik dapat memanfaat iklan untuk mengkaji mengenai diksi. Ketiga bagi calon konsumen hendaknya mencermati penggunaan kata-kata berkonotasi tinggi yang digunakan iklan untuk menekankan keuntungan berlebih memiliki sikap kritis dalam membaca suatu iklan dan lebih mencermati penutup iklan karena pada umumnya pembuat iklan menyajikan informasi penting pada bagian penutup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9909

Actions (login required)

View Item View Item