Studi tentang prasarana dan sarana olahraga prestasi di Kabupaten Gresik / Zainal Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang prasarana dan sarana olahraga prestasi di Kabupaten Gresik / Zainal Abidin

Zainal Abidin (2009) Studi tentang prasarana dan sarana olahraga prestasi di Kabupaten Gresik / Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk menunjang pola pembinaan dan pengembangan olahraga yang terdiri dari unsur pemassalan pembibitan dan pembinaan atau peningkatan prestasi maka dituntut adanya prasarana dan sarana olahraga yang memadai dan sesuai standar. Berkaitan dengan hal tesebut maka masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apa saja prasarana dan sarana olahraga atletik olahraga permainan olahraga senam olahraga beladiri olahraga air dan olahraga tambahan yang ada di Kabupaten Gresik untuk pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prasarana dan sarana olahraga tersebut di atas yang ada di Kabupaten Gresik untuk pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional (pengamatan) sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Gresik dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sample sebesar 15-20 % dari 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik yaitu sebanyak 3 Kecamatan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi lapangan (pengamatan dan catatan lapangan) dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar atau angket observasi lapangan berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang prasarana dan sarana olahraga prestasi yang memadai dan memenuhi standar untuk menunjang pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Gresik Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) prasarana dan sarana olahraga atletik yang tersedia di Kabupaten Gresik dikategorikan sangat baik (2) prasarana dan sarana olahraga permainan yang tersedia di Kabupaten Gresik dikategorikan cukup baik (3) prasarana dan sarana olahraga senam tidak tersedia di Kabupaten Gresik (4) prasarana dan sarana olahraga beladiri yang tersedia di Kabupaten Gresik dikategorikan tidak baik (5) prasarana dan sarana olahraga air yang tersedia di Kabupaten Gresik dikategorikan tidak baik dan (6) prasarana dan sarana olahraga tambahan yang tersedia di Kabupaten Gresik dikategorikan kurang baik untuk pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi. Disarankan agar dilakukan penyempurnaan terhadap prasarana dan sarana olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan standar olahraga prestasi. Pembangunan prasarana dan pengadaan sarana olahraga oleh Pemerintah Kabupaten setempat yang berkoordinasi dengan pihak swasta merupakan salah satu jalan keluar atau solusi guna meningkatkan program pembinaan dan pengembangan olahraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99080

Actions (login required)

View Item View Item