Hubungan antara kualitas layanan pusat kebugaran dan tingkat kepuasan pelanggan senam aerobik se-kecamatan Klojen Kota Malang / Oktiami - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kualitas layanan pusat kebugaran dan tingkat kepuasan pelanggan senam aerobik se-kecamatan Klojen Kota Malang / Oktiami

Oktiami (2009) Hubungan antara kualitas layanan pusat kebugaran dan tingkat kepuasan pelanggan senam aerobik se-kecamatan Klojen Kota Malang / Oktiami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas layanan pusat kebugaran memegang peranan penting dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) seberapa tinggi kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan senam erobik (2) seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen (3) hubungan antara kualitas layanan dan tingkat kepuasan pelanggan senam erobik di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas layanan pusat kebugaran yang terdiri dari bukti fisik bukti kehandalan bukti jaminan bukti daya tanggap dan bukti empati. Sedangkan variabel terikat adalah tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan deskriptif korelasional yang dilakukan di 5 pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen. Data dikumpulkan dengan angket/kuesioner dan dianalisis dengan teknik deskriptif dan korelasional. Sampel penelitian ini adalah pelanggan senam erobik di 5 pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen yang berjumlah 61 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan senam erobik pada kategori sangat tinggi dengan persentase 96 988% (2) tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen pada kategori sangat tinggi dengan persentase 96 988% (3) ada hubungan positif yang signifikan antara kualitas layanan dengan tingkat kepuasan pelanggan senam erobik dengan koefisien determinasi berganda R 0 584 (p 0 000 0 05) yang berarti 58 4% tingkat kepuasan dapat dipengaruhi oleh adanya kualitas layanan. Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil penelitian ini antara lain kepada (1) para pengelola pusat kebugaran dari hasil penelitian disebutkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen pada kategori sangat tinggi hendaknya hal ini dipertahankan dan diusahakan agar tidak menurun. (2) Jurusan Ilmu Keolahragaan hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan jurusan dalam hal pengelolaan sanggar senam dan fitness yang lebih baik. (3) peneliti lain hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai acuan apabila peneliti lain berminat lebih lanjut meneliti tentang manajemen layanan di fitness center dengan populasi dan latar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99075

Actions (login required)

View Item View Item