Pengembangan modul digital dasar desain grafis bermuatan model pembelajaran contextual teaching learning kelas X Teknik Informatika di SMK PGRI 1 Pasuruan / Triany Adi Lestari

Lestari, Triany Adi (2019) Pengembangan modul digital dasar desain grafis bermuatan model pembelajaran contextual teaching learning kelas X Teknik Informatika di SMK PGRI 1 Pasuruan / Triany Adi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari, Triany Adi. 2019. Pengembangan Modul Digital Dasar Desain Grafis Bermuatan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Kelas X Teknik Informatika di SMK PGRI 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: modul digital, dasar desain grafis, contextual teaching and learning. Modul merupakan salah satu sumber belajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Keberadaan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran sangat penting agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Hasil pengamatan di SMK PGRI 1 Pasuruan, terdapat permasalahan dalam kompetensi keahlian Teknik Informatika, diantaranya ketersediaan bahan ajar, kondisi karakteristik siswa serta sarana dan prasarana. Diketahui siswa masih mengandalkan guru sebagai sumber informasi dalam proses pembelajaran. Siswa hanya memperoleh materi dari guru dan internet tanpa media pendamping belajar sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi dan menjadi kurang tertarik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis berinisiatif mengembangkan modul digital yang diharapkan dapat mengatasi kesulitan mengenai bahan ajar dan dapat meminimalisir penggunaan internet sebagai sumber belajar utama. Tujuan penelitian ini adalah merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan modul digital pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X Teknik Informatika di SMK PGRI 1 Pasuruan. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Sugiyono, dimana langkah-langkah pengembangannya terdiri dari: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi masal. Modul digital yang dikembangkan memiliki format EPUB (Electronic Publication). Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan persentase dari ahli media sebesar 92,00%, ahli materi 89,77%, hasil uji coba kelompok kecil dengan pencapaian persentase 82,80% dan hasil uji coba kelompok besar dengan pencapaian persentase 83,32%, Berdasarkan interpretasi data menurut Akbar (2013) hasil tersebut dinyatakan “valid” dari batas kriteria validitas yaitu 70.01%-85.00%. Sehingga dapat disimpulkan modul digital mata pelajaran Dasar Desain Grafis layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99062

Actions (login required)

View Item View Item