Perhitungan otomatis jumlah koloni pada citra bakteri menggunakan metode thresholding dan fungsi morfologi / Mochamad Husen

Husen, Mochamad (2019) Perhitungan otomatis jumlah koloni pada citra bakteri menggunakan metode thresholding dan fungsi morfologi / Mochamad Husen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Husen, Mochamad. 2019. Perhitungan Otomatis Jumlah Koloni Pada Citra Bakteri Menggunakan Metode Thresholding Dan Fungsi Morfologi. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) : I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M. T., (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D Kata Kunci : Koloni bakteri, Pengolahan citra, Thresholding, Fungsi Morfologi. Penentuan jumlah koloni atau Colony Forming Units (CFU) yang akurat dalam penelitian yang melibatkan mikroorganisme seperti bakteri banyak dilakukan di berbagai bidang seperti kesehatan, kedokteran, biologi, kimia, serta ilmu partikel lain merupakan hal yang sangat penting. Sebagian besar peneliti bidang mikrobiologi masih menggunakan sistem manual dan dengan colony counter. Metode manual membutuhkan waktu yang cukup lama dan konsentrasi yang tinggi, sehingga dibutuhkan sistem yang mampu menghitung jumlah koloni secara otomatis, cepat dan akurat. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan citra digital dengan memanfaatkan citra dari koloni. Metode yang digunakan adalah Thresholding untuk proses binerisasi dan fungsi morfologi untuk proses counting. Berdasarkan uji coba pada 33 citra bakteri, nilai rata-rata f-measure yang diperoleh mencapai 0,964 yang menunjukkan bahwa sebesar 96,4% koloni yang berhasil dihitung oleh sistem relevan dengan jumlah koloni yang seharusnya terhitung dengan cara manual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99058

Actions (login required)

View Item View Item