Sistem rekomendasi prioritas rujukan rumah sakit di Kota Malang bagi pasien gawat darurat menggunakan metode analytical hierarchy process / Dimas Kiki Setiadi

Setiadi, Dimas Kiki (2020) Sistem rekomendasi prioritas rujukan rumah sakit di Kota Malang bagi pasien gawat darurat menggunakan metode analytical hierarchy process / Dimas Kiki Setiadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setiadi, Dimas Kiki. 2019. Sistem Rekomendasi Prioritas Rujukan Rumah Sakit di Kota Malang bagi Pasien Gawat Darurat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Skripsi, S1 Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T. (II) Muhammad Iqbal Akbar, S.T., M.T. Kata kunci: sistem rekomendasi, prioritas, rumah sakit, Analytical Hierarchy Process. Dalam sebuah rumah sakit tentu ada banyak sekali pasien yang datang untuk menyembuhkan penyakitnya. Salah satu jenis pasien yang ada merupakan pasien rujukan. Adanya pasien rujukan disebabkan oleh beberapa faktor seperti perlunya pasien tersebut mendapatkan pemeriksaan, pengobatan atau fasilitas khusus yang tidak tersedia di rumah sakit atau instansi kesehatan sebelumnya, ada juga pasien yang pindah rawat ke rumah sakit lain atas permintaan dari si pasien sendiri atau pihak keluarganya bahkan ada yang dikarenakan ruang rawat inap di rumah sakit tersebut sudah penuh. Untuk mendapatkan rumah sakit tujuan yang akan dirujuk oleh pasien tentu tidak sembarangan dalam hal penetuannya, karena banyak faktor yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan apakah rumah sakit tersebut sesuai dan tepat untuk menangani kondisi yang dialami oleh pasien yang akan dirujuk tersebut. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan membuat sistem rekomendasi pemilihan prioritas rumah sakit. Sistem rekomendasi yang akan dibangun pada penelitian ini dengan menggunakan metode analytical hierarchy process. Dalam sistem ini metode analytical hierarchy process digunakan untuk menentukan perbandingan penilaian untuk masing-masing rumah sakit. Metode ini dipilih karena memiliki struktur hierarki yang sesuai dengan inti permasalahan dalam memilih masing-masing rumah sakit. Tahap pengujian yang dilakukan pada penelitian meliputi pengujian sistem yang menggunakan metode white box testing dan black box testing, serta pengujian validitas pengguna dengan menggunakan metode user acceptance test. Sistem ini berbasis web agar dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk membantu pemilihan prioritas rumah sakit rujukan bagi pasien gawat darurat yang telah lolos pengujian white box dan black box dengan baik. Hasil penelitian ini hanya akan membantu (mencarikan solusi terbaik) dan tidak menjadi patokan utama dalam menentukan rumah sakit pilihan bagi pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99057

Actions (login required)

View Item View Item