Penerapan metode ARIMA dalam prediksi penggunaan bandwidth internet / Alvan Nahari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode ARIMA dalam prediksi penggunaan bandwidth internet / Alvan Nahari

Nahari, Alvan (2020) Penerapan metode ARIMA dalam prediksi penggunaan bandwidth internet / Alvan Nahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nahari Alvan. Penerapan Metode ARIMA dalam Prediksi Jumlah Penggunaan Bandwidth Internet Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata kunci Prediksi ARIMA Bandwidth Subjektif Objektif Peningkatan jumlah pengguna yang menggunakan internet secara bersamaan dapat mempengaruhi performansi jaringan. Performansi jaringan mempunyai peran penting untuk mengatur kebutuhan bandwidth tiap layanan aplikasi internet. Semakin tinggi kebutuhan bandwidth umumnya akan diikuti kinerja yang lebih baik. Salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan mengelola pemakaian bandwidth yang menghasilkan suatu kualitas layanan lalu lintas aliran data yang baik dan berkualitas. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem untuk memprediksi jumlah penggunaan bandwidth internet. Penelitian ini akan membahas tentang prediksi jumlah penggunaan bandwidth internet wifi. Peramalan atau prediksi ini menggunakan data yang di ambil di jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang dan metode yang diusulkan adalah metode ARIMA. Metode Autoregresif Integrated Moving Average (ARIMA) adalah metode yang secara penuh mengabaikan independen variabel dalam membuat prediksi sehingga cocok untuk data statistik saling terhubung (dependent) serta memiliki beberapa asumsi yang harus dipenuhi seperti autokorelasi trend maupun musiman. Metode ARIMA hanya dapat dilakukan jika data dalam kondisi stasioner karena prediksi menggunakan data non-stasioner akan menunjukkan adanya hubungan diantara dua variabel yang tidak saling mempengaruhi. Selain itu hasil prediksi dengan data non-stasioner akan menghasilkan nilai yang kurang akurat. Namun dataset yang didapatkan mengalami outliers sehingga diperlukan sebuah proses data cleaning. Data cleaning yang dilakukan yaitu menghilangkan data yang mempunyai nilai terlalu tinggi atau terlalu rendah dari rata-rata keseluruhan data. Dengan demikian penelitian ini akan memaparkan bagaimana performa prediksi metode ARIMA dalam melakukan peramalan jumlah penggunaan bandwidth internet. Hasil penelitian ini dengan menggunakan metode ARIMA untuk melakukan prediksi kebutuhan bandwidth menghasilkan nilai MAE sebesar 13754 38 dan MAPE sebesar 1 61%. Dengan mengetahui besar MAPE dapat diketahui nilai akurasi sebesar 98 4%. Penelitian ini diketahui bahwa semakin banyak jumlah data yang digunakan maka algoritma ARIMA juga akan menghasilkan akurasi yang semakin baik dan cocok digunakan untuk prediksi jangka pendek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99056

Actions (login required)

View Item View Item