Analisis penggunaan algoritma naive bayes classifier dalam klasifikasi tingkat derajat dehidrasi penyakit diare untuk balita pada puskesmas Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi / Dwiajeng Puspita Ratri

Ratri, Dwiajeng Puspita (2020) Analisis penggunaan algoritma naive bayes classifier dalam klasifikasi tingkat derajat dehidrasi penyakit diare untuk balita pada puskesmas Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi / Dwiajeng Puspita Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dwiajeng Puspita Ratri. 2019. Analisa Penggunaan Algoritma Naïve Bayes Classifier Dalam Klasifikasi Tingkat Derajat Dehidrasi Penyakit Diare Untuk Balita Pada Puskesmas Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D. Pembimbing: (II) Agusta Rakhmat Taufani, S.T., M.T. Kata kunci: Klasifikasi, Penyakit Diare Balita, Naïve Bayes Classifier Penyakit diare merupakan masalah kesehatan di dunia yang memiliki angka morbiditas (kesakitan) dan mortalitas (kematian) yang tinggi, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Menurut WHO dan UNICEF terjadi sekitar 1,9 milyar kasus penyakit diare di setiap tahun dan sekitar 1,9 juta balita meninggal karena penyakit diare di setiap tahun. Bahkan, penyakit diare merupakan salah satu penyebab kematian kedua terbesar pada balita setelah penyakit pneumonia. Di kalangan masyarakat umum, penyakit diare dianggap sebagai penyakit yang remeh karena dapat diatasi secara mudah tanpa diketahui jenis penyakit diare yang diderita oleh balita. Padahal, penanganan yang harus dilakukan untuk penyembuhan penyakit diare harus cepat dan tepat sesuai dengan jenis penyakit diare yang diderita. Berdasarkan permasalahan di atas, diperlukan suatu sistem yang handal dalam mendiagnosa dan menentukan jenis penyakit diare serta memberikan solusi penanganan penyakit diare pada balita. Dataset yang digunakan untuk penelitian ini didapatkan dari Puskesmas Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi dengan 166 instance. Atribut yang digunakan pada penelitian ini adalah frekuensi bab, konsistensi tinja, demam, mual/muntah, keadaan mata, rasa haus, dan turgor kulit. Hasil klasifikasi yang didapatkan berupa tingkat derajat dehidrasi, yaitu tanpa dehidrasi, dehidrasi ringan/sedang, dan dehidrasi berat. Dalam mengatasi permasalahan ini dapat digunakan dengan salah satu teknik data mining, yaitu klasifikasi menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC). Naïve Bayes Classifier merupakan metode pengklasifikasian statistik yang digunakan untuk memprediksi probabilitas keanggotaan dari suatu kelas. Penerapan Algoritma Naïve Bayes Classifier pada penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata accuracy sebesar 97,48%, precision sebesar 96,55%, recall sebesar 96,27%, dan error rate sebesar 2,52%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99055

Actions (login required)

View Item View Item