Pengembangan aplikasi android untuk rekomendasi rumah sakit dalam situasi gawat darurat di Kota Malang menggunakan analytical hierarchy process / Deri Armanda

Armanda, Deri (2020) Pengembangan aplikasi android untuk rekomendasi rumah sakit dalam situasi gawat darurat di Kota Malang menggunakan analytical hierarchy process / Deri Armanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Armanda, Deri. 2019. Pengembangan Aplikasi Android untuk Rekomendasi Rumah Sakit dalam Situasi Gawat Darurat di Kota Malang menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) 3. Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T. (II) 4. Harits Ar Rosyid, S.T., M.T. Kata Kunci : Gawat Darurat, Rumah Sakit, Android, Analytical Hierarchy Process Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tahun 2010, rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang mampu menyediakan pelayanan kesehatan seperti rawat inap, rawat jalan serta gawat darurat. Segala kejadian gawat darurat yang menyangkut medis dapat ditangani dengan baik di rumah sakit. Terdapat cukup banyak rumah sakit di Kota Malang yang sayangnya tidak banyak diketahui oleh masyarakat terutama para pendatang. Ketidak-tahuan tersebut akan beresiko tinggi apabila terjadi situasi gawat darurat di sekitar mereka. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android yang mudah diakses oleh masyarakat untuk mencari serta mendapatkan rekomendasi rumah sakit yang terbaik dalam situasi gawat darurat. Metode pengembangan perangkat lunak yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode waterfall, dengan tahapan yang meliputi: (1) Analisis Kebutuhan, (2) Perancangan Sistem, (3) Implementasi, serta (4) Pengujian Sistem. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data keseluruhan rumah sakit di Kota Malang yang diambil dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu http://sirs.yankes.kemkes.go.id/rsonline. Selain itu juga diperlukan data kriteria yang digunakan untuk memberikan rekomendasi rumah sakit beserta nilai bobotnya yang didapatkan melalui wawancara dengan ahli medis. Sistem yang dikembangkan menerapkan algoritma Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menggunakan data yang telah didapatkan. Algoritma AHP digunakan untuk perhitungan rekomendasi rumah sakit dengan sistem perangkingan. Tahap pengujian yang dilakukan pada penelitian meliputi pengujian sistem yang menggunakan metode white box testing dan black box testing, serta pengujian validitas pengguna dengan menggunakan metode user acceptance test. Hasil yang terdapat pada penelitian ini meliputi aplikasi berbasis Android yang mampu menjadi media informasi serta rekomendasi rumah sakit di Kota Malang yang telah lolos pengujian white box dan black box dengan baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rasio konsistensi dari algoritma AHP yang diterapkan adalah sebesar -0,96 serta memiliki skor validitas pengguna sebesar 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat mencari rumah sakit di Kota Malang dalam situasi gawat darurat dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99051

Actions (login required)

View Item View Item