Auto text responsive ticketing system menggunakan metode Term Frequency - Inverse Document Frequency (TF-IDF) pada PT. Natura Laboratoria Prima / Nella Ayu Ambarwati

Ambarwati, Nella Ayu (2019) Auto text responsive ticketing system menggunakan metode Term Frequency - Inverse Document Frequency (TF-IDF) pada PT. Natura Laboratoria Prima / Nella Ayu Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ambarwati, Nella Ayu. 2019. Auto Text Responsive Ticketing System Menggunakan Metode Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) Pada PT. Natura Laboratoria Prima. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) : Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom., (II) Muhammad Iqbal Akbar, S.ST., M.MT. Kata Kunci : Auto text responsive, Ticketing, TF-IDF, Text Mining. PT. Natura Laboratoria Prima menggunakan website sebagai media untuk pelayanan karyawan dalam permintaan perbaikan yang disebut dengan istilah ticketing. Kelemahan pada sistem ticketing yang ada adalah banyak tiket yang tidak dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja metode Term Frequency-Inverse Documen Frequency dalam sistem serta mengetahui sistem yang dibuat dapat digunakan untuk menjawab tiket pada PT. Natura Laboratoria Prima. Metode penelitian ini menggunakan metode waterfall. Sistem yang dibuat merupakan sistem text mining yang di desain dengan menggunakan text preprocessing dan metode Term Frequency-Inverse Document Frequeny(TF-IDF). Teknik pengujian sistem dengan menggunakan Black Box Testing yang dilakukan oleh tim IT pada PT. Natura Laboratoria Prima, menghitung nilai precision, recall, F-Measure, dan MAP dokumen atau jawaban yang ditampilkan sistem, serta kuisioner. Berdasarkan hasil uji coba sistem, pengujian black box testing menyatakan bahwa sistem sudah sesuai, untuk nilai perhitungan MAP sebesar 0,87 dan nilai F-Measure sebesar 0,65, untuk hasil kuisioner sebesar 80,3%. Berdasarkan hasil perhitungan nilai F-Measure, Mean Average Precision (MAP), dan kuisioner menunjukkan bahwa sistem Auto Text Responsive Ticketing System dengan menggunakan metode Term Frequency – Inverse Document Frequency (TF-IDF) efektif dalam menjawab pertanyaan dengan menampilkan dokumen yang relevan terhadap inputan user.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99027

Actions (login required)

View Item View Item