Pengembangan crossword puzzle interactive sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa bermuatan logical thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK / Nur Fahmi Hariyanto

Hariyanto, Nur Fahmi (2019) Pengembangan crossword puzzle interactive sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa bermuatan logical thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK / Nur Fahmi Hariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hariyanto, Nur Fahmi. 2019. Pengembangan Crossword Puzzle Interactive Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bermuatan Logical Thinking Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. Kata Kunci: Pengembangan, Crossword Puzzle Interactive, Motivasi Belajar, Logical Thinking, Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan di SMKN 1 Gempol, SMKN 1 Sukorejo, dan SMKN 1 Beji khususnya kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Informatika pada mata pelajaran Pemrograman Dasar, kendala yang ditemukan adalah media yang digunakan dalam pembelajaran belum motivatif dan interaktif. Kebanyakan siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru, yang berakibat kurangnya rata-rata tingkat motivasi belajar siswa. Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui media pembelajaran pemrograman dasar yang ada di SMK; (2) Merancang media pembelajaran crossword puzzle interactive pemrograman dasar (Cropipd) berbasis website bermuatan logical thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK; (3) Mengembangkan media Cropipd berbasis website bermuatan logical thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK; (4) Mengukur tingkat kelayakan media Cropipd berbasis website bermuatan logical thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK; (5) Mengetahui motivasi belajar dari penggunaan media Cropipd berbasis website bermuatan logical thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK. Media crossword puzzle interactive bermuatan logical thingking berbasis website sebagai alat bantu pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian teknik komputer dan informatika di SMK. Model pengembangan yang diterapkan adalah model pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Dalam penelitian ini, diperoleh jumlah rata-rata skor persentase dari empat tahap yaitu, 1) 100% untuk uji validitas ahli media, 2) 93,47% untuk uji validitas ahli materi, 3) 81,01% untuk uji coba terbatas, 4) 92,27% untuk uji lapangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran crossword puzzle interactive pemrograman dasar dinyatakan layak untuk diterapkan sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat memotivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99015

Actions (login required)

View Item View Item