Pengaruh pemanfaatan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV semester II di SDN I dan III Tasik Madu Trenggalek / Prayoga Dwi Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV semester II di SDN I dan III Tasik Madu Trenggalek / Prayoga Dwi Jatmiko

Jatmiko, Prayoga Dwi (2010) Pengaruh pemanfaatan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV semester II di SDN I dan III Tasik Madu Trenggalek / Prayoga Dwi Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh pemanfaatan video pembelajaran hasil belajar ilmu pengetahuan alam Perkembangan bidang pendidikan yang semakin maju menuntut pendidik untuk kreatif dalam memilih strategi metode serta media yang di gunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan pemilihan metode dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa diharapkan proses pembelajaran menjadi menarik sehingga dapat memotifasi serta menumbuhkan minat siswa untuk belajar. Atas dasar tersebut peneliti menggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran dari berbagai klasifikasi yang ada media audio visual merupakan media paling lengkap yaitu menggunakan kemampuan audio visual dan gerak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran dan yang tidak menggunakan media video pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN I dan III Tasik madu Trenggalek. Eksperimen semu digunakan karena peneliti tidak dapat melakukan kontrol terhadap seluruh variabel terkait dengan pemilihan subyek yang tidak dilakukan secara individu tetapi secara kelompok yang diduga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Pada penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan video pembelajaran. Berdasarkan perhitungan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh hasil t hitung dari t tabel yaitu 3 343 2 11. Hal ini berarti H 8338 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media video berbeda (lebih baik) dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN I dan III Tasik madu Trenggalek. Hal ini dapat diketahui dari nilai jumlah skor dari masing-masing kelas yaitu 1650 pada kelas eksperimen dan 1510 pada kelas kontrol sedangkan dari nilai rata-rata hasil belajar dari masing-masing kelas yaitu 86 84 pada kelas eksperimen dan 79 47 pada kelas kontrol pada taraf signifikan 0 05. Oleh sebab itu maka disarankan guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media video dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa guna memperbaiki mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 30 Sep 2019 01:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item