Perbedaan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran DLE karena pengaruh model pembelajaran novick dipadu dengan strategi TTW dibandingkan model pembelajaran novick dipadu dengan strategi FLSC pada siswa kelas X TITL SMKN 6 Malang / Lia Hidayati

Hidayati, Lia (2020) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran DLE karena pengaruh model pembelajaran novick dipadu dengan strategi TTW dibandingkan model pembelajaran novick dipadu dengan strategi FLSC pada siswa kelas X TITL SMKN 6 Malang / Lia Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lia Hidayati. 2019. Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Mata pelajaran DLE karena Pengaruh Model Pembelajaran Novick Dipadu dengan Strategi TTW Dibandingkan Model Pembelajaran Novick Dipadu dengan Strategi FLSC pada Siswa Kelas X TITL SMKN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro., M.Pd., M.T. (II) Dr. Yuni Rahmawati., S.T., M.T. Kata kunci: Novick, TTW, FLSC, Pemahaman Konsep, DLE Abstrak Strategi pembelajaran sangan penting digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Penggunaan strategi seperti ini sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan hasil dari model pembelajaran. Salah satu hasil yang sangat penting adalah pemahaman konsep siswa. Banyak konsep mata pelajaran DLE yang sulit dipahami, salah satunya adalah konsep dasar listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran DLE yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Novick dipadu dengan strategi TTW dibandingkan model pembelajaran Novick dipadu dengan strategi FLSC. Metode penelitian ini mengguanakan Quasi Experimental Design dengan bentuk desain penelitian control group pre-test post-test dimana subjek penelitian terdiri dari kelas eksperimen 1 dan Kelas Eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan model Novick dipadu dengan strategi TTW, sedangkan kelas eksperimen 2 dibelajarkan dengan model Novick dipadu strategi FLSC. Hasil penelitian menunjukkan adanyan perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hasil pemahaman konsep kelas eksperimen 1 menunjukkan pada kategori paham konsep memproleh 80,1%, kategori miskonsepsi memperoleh 13,6%, dan kategori tidak paham konsep memperoleh 6,9%. Hasil posttest menunjukkan pada kategori paham konsep memproleh 83,6%, kategori miskonsepsi memperoleh 10,3%, dan kategori tidak paham konsep memperoleh 6,4%. Berdasarktan hatsil penelitian datn pembtahasan ytang telah diuraikan sebelumnya mtaka dapat disimpulkan bahwa deskripsi pemtahaman ktonsep sitswa ytang dibelajarkan detngan mtodel pembelajartan Novick dipadu dengan strategi TTtW (Tthink Ttalk Wtrite) memitliki kriteria pemahaman agak pasti. Deskritpsi pemathaman kotnsep ytang dibtelajarkan detngan motdel pembetlajaran Novick dipadu dengan strategi FLSC (Formulate Listen Share Create) memitliki kriteria pemahaman pasti. Terdapat perbedaan yang perbtedaan ytang sigtnifikan hastil pemtahaman konsep sistwa yantg dibtelajarkan detngan mtodel pembtelajaran Novick dipadu dengan sttrategi TTW (Thintk Tatlk Wtrite) ptada ketlas ekstperimen satu dan motdel pemtbelajaran Novick dipadu dengan strategi FLSC (Formulate Listen Share Create) pada kelas eksperimen dua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98944

Actions (login required)

View Item View Item