Pengembangan modul keselamatan dan kesehatan kerja di bidang kelistrikan (electrical safety) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik jurusan teknik instalasi tenaga listrik di SMK / Bangun Ade Septiyanto

Septiyanto, Bangun Ade (2020) Pengembangan modul keselamatan dan kesehatan kerja di bidang kelistrikan (electrical safety) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik jurusan teknik instalasi tenaga listrik di SMK / Bangun Ade Septiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ade, Bangun Septiyanto. 2019. Pengembangan Modul Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bidang Kelistrikan (Electrical Safety) Untuk Mening-katkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Electrical Safety, Instalasi Tenaga Listrik. Berdasarkan kegiatan observasi yang telah dilakukan, dapat diketahui permasalahan yaitu kurangnya sumber refrensi atau bahan ajar yang lebih efektif, inofatif dan menarik. Dengan demikian diadakan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perlu adanya pengembangan modul kelesamatan dan kesehatan kerja dibidang kelsitrikan (Electrical Safety). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Dick and Carey. Tahapan dalam model pengembangan ini adalah: (1) menentukan tujuan umum pembelajaran yang dirumuskan berdasarkar analisis silabus dan analisis kebutu-han, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik siswa, (4) merumuskan tujuan performa/khusus, (5) mengembangkan instrumen penilaian yang mengadopsi dari kriteria kelayakan penilaian buku ajar BSNP, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan me-milih modul ajar yakni berupa modul pengangan guru dan siswa, (8) melakukan evaluasi formatif dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, (9)revisi, (10) melakukan evaluasi sumatif. Buku ajar ini telah divalidasi oleh dua orang ahli serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas XI di SMK Al-Huda Kota Kediri melalui uji kelayakan. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket reviewer ahli satu mendapatkan skor 81,25 % (cukup valid), reviewer ahli dua mendapatkan skor 86,11% (sangat valid), hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 72,92 % (cukup valid), dan hasil angket siswa pada uji coba lapangan mendapatkan skor 87,71 % (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut, Modul Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Bidang Kelistrikan (Electrical Safety) Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98943

Actions (login required)

View Item View Item