Lazuardi, Mohammad Tri Bahana (2020) Perbedaan hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibandingkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMKN 6 Malang / Mohammad Tri Bahana Lazuardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lazuardi Mohammad Tri Bahana. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dibandingkan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dyah Lestari S.T. M.Eng. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan dan mempunyai peran sangat strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pada jurusan atau program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 6 Malang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa yang mendapatkan Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) pada kelas X TITL hanya sekitar 65%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Deskripsi hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 6 Malang (2) Deskripsi hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 6 Malang (3) Signifikansi perbedaan hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dibandingkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 6 Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan pretest-posttest control grup design. Penelitian ini menggunakan dua subjek yaitu kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Hasil penelitian ini (1) hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) pada kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 49 4% dari 54 02 ke 80 69 (2) hasil belajar pada kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) mengalami peningkatan rata-rata sebesar 59 7% dari 53 47 ke 85 41 dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kesimpulan dari penelitian ini (1) hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) pada siswa kelas X TITL 1 SMKN 6 Malang mengalami peningkatan setelah diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching (2) hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) pada siswa kelas X TITL 2 SMKN 6 Malang mengalami peningkatan setelah diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) materi alat ukur mekanik karena penerapan model Reciprocal Teaching dibandingkan model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/98942 |
Actions (login required)
View Item |