Analisis perbandingan performa panel surya monocrystalline dan polycrystalline model single diode menggunakan metode five parameters / Rizal Akbarudin Rahman Arief

Arief, Rizal Akbarudin Rahman (2019) Analisis perbandingan performa panel surya monocrystalline dan polycrystalline model single diode menggunakan metode five parameters / Rizal Akbarudin Rahman Arief. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arief. Rizal Akbarudin Rahman. 2019. Analisis Perbandingan Performa Panel Surya Monocrystalline dan Polycrystalline Model Single Diode Menggunakan Metode Five Parameters. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Kata kunci : Panel Surya, Energi Matahari, Five Parameters, Monocrystalline, Polycrystalline Penggunaan energi terbarukan sebagai sumber pembangkitan energi listrik terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, di Indonesia sendiri belum banyak pembangkit listrik yang memanfaatkan energi terbarukan ini sebagai sumbernya. Salah satu potensi energi terbarukan yang sangat besar di Indonesia adalah cahaya matahari. Dengan panel surya sebagai alat yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Namun, modul panel surya ini rentan terhadap kondisi lingkungan sekitarnya sehingga dapat mempengaruhi performa panel surya atau energi listrik yang dihasilkan. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan performa panel surya dengan model single diode dengan metode Five Parameters. Dimana data yang dibutuhkan hanya data spesifikasi modul panel surya, radiasi total yang diserap modul panel surya, dan nilai suhu pada lingkungan. Metode Five Parameters ini merupakan metode yang memodelkan cara kerja modul panel surya ke dalam bentuk rangkaian ekuivalen single diode. Metode Five Parameters ini dapat diandalkan dalam memprediksi besar energi yang dihasilkan panel surya ketika data input yang dimiliki terbatas. Hasil perhitungan dari penelitian ini dengan menggunakan metode Five Parameters untuk jenis panel surya monocrystalline yaitu, Isc=1,827 A, Imp=0,662 A, Voc=18,221 V, Vmp=15,019 V, Pmp=9,955 W dan untuk jenis panel surya polycrystalline yaitu, Isc=1,926 A, Imp=0,686 A, Voc=17,594 V, Vmp=14,166 V, Pmp=9,722 W. Dari hasil kedua jenis panel surya yang digunakan dalam perhitungan, disimpulkan bahwa jenis panel surya yang paling efisien dan optimal untuk digunakan pada kondisi alam di Pantai Sendang Biru adalah panel surya tipe monocrystalline karena dapat menghasilkan daya keluaran listrik sebesar 9,955 W. Berdasarkan hasil tersebut seharusnya didaerah pesisir pantai contohnya di Pantai Sendang Biru ini direalisasikan pembangunan atau pembuatan pembangkit listrik energi matahari agar dapat mengurangi biaya pembayaran listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98937

Actions (login required)

View Item View Item