Analisis peramalan beban untuk estimasi kapasitas trafo gardu induk Karangkates dengan metode holt-winters / Gregorius Paulus Mario Laka Kaki

Kaki, Gregorius Paulus Mario Laka (2019) Analisis peramalan beban untuk estimasi kapasitas trafo gardu induk Karangkates dengan metode holt-winters / Gregorius Paulus Mario Laka Kaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kaki, Gregorius Paulus Mario Laka. 2019. Analisis Peramalan Beban Untuk Estimasi Kapasitas Trafo Gardu Induk Karangkates Dengan Metode Holt-Winters. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Kata Kunci: beban listrik, peramalan, transformator, Holt-Winters Pada jangka waktu enam tahun dari 2010 hingga 2015, beban puncak pada daerah Jawa Timur naik sebesar rata-rata 289 MW per tahun. Gardu Induk Karangkates melayani daerah industri yang terus berkembang, sehingga butuh sistem tenaga listrik yang handal. Untuk menjamin tingkat keandalan yang tinggi dalam pelayanannya dibutuhkan persiapan terhadap pertumbuhan beban agar tidak melebihi kondisi idealnya, untuk itu dibutuhkan analisis khusus terhadap kapasitas transformator. Dengan menggunakan metode Holt-Winters sebagai acuan untuk memproses dan mengolah data bisa dijadikan acuan dalam perencanaan dan antisipasi terhadap bertumbuhnya kebutuhan listrik dan permintaannya. Pada penelitian ini dilakukan peramalan pertumbuhan beban puncak , dimana data yang diolah berupa time-series yang memiliki suatu tren dan musiman tersendiri cocok untuk diterapkan penghalusan eksponensial metode Holt-Winters. Metode Holt-Winters ini merupakan metode yang populer dalam mendapatkan hasil perkiraan dalam berbagai bidang, dari bidang pembangkit listrik, ekonomi, bisnis, hingga agrikultur. Berdasarkan hasil akhir yang didapat menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan maupun antisipasi pertumbuhan beban. Hasil estimasi dari penelitian ini dengan tingkat akurasi metode Holt-Winters dengan MAPE = 2.645 %, sedangkan tingkat akurasi metode Fuzzy Time Series = 6,399% dan Jaringan Syaraf Tiruan = 3,743%. Dilakukan forecast dengan metode Holt-Winters dan diketahui bahwa transformator pada Gardu Induk Karangkates sudah mencapai kapasitas kerja normalnya pada periode Maret 2018 dengan 99,583% kapasitas terpasang, dan melebihi kapasitas maksimalnya pada April 2018 dengan 101,493% kapasitas terpasang. Berdasarkan hasil tersebut seharusnya PT.PLN UTJBTB pada April 2018 sudah harus melakukan tindak lanjut seperti penggantian atau penambahan transformator atau melakukan manuver pada Gardu Induk Karangkates agar tidak mengalami kelebihan beban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98936

Actions (login required)

View Item View Item